iklan zonasultra

Permandian Gumanano di Mawasangka, Kolam di Bawah Bongkahan Batu

Permandian Gumanano
Permandian Gumanano

ZONASULTRA.COM, LAKUDO – Wisata permandian mata air di bawah bongkahan batu cukup mudah ditemukan di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) karena struktur tanahnya yang berkapur.

Wisata demikian terdapat di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka yang dikenal dengan nama Permandian Gumanano. Jaraknya dari ibu kota Buteng, Lakudo sekitar 70 km dan berada tidak jauh dari Pantai Mutiara.

Awak zonasultra berkesempatan mengunjungi Permandian Gumanano ini. Letaknya dari jalan poros Lakudo-Mawasangka sekitar 150 meter. Untuk ongkos masuk mulai dari Rp 3 ribu per orang hingga Rp 15 ribu untuk kendaraan roda empat.

iklan zonasultra

Baca Juga : Taman Wisata Alam Keakea, Pilihan Destinasi Saat Libur Akhir Pekan

Masyarakat setempat banyak menggunakan tempat ini untuk mandi dan mencuci. Namun, sebagian pengujung banyak yang berenang dan bermain air.Air yang dingin dan berwarna biru memberikan kesan kejernihan dan keindahan dari wisata Permandian Gumanano tersebut.

Kedalamnya sekitar 5 meter, dan sekitar area permandian ini terdapat banyak pepohonan dan batu yang cukup besar. Luas kolam alami ini cukup besar sekitar 20 x 7 meter. Beberapa titik, dapat menjadi spot yang baik untuk mengambil gambar, kemudian terdapat fasilitas gazebo yang digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Buteng, Permandian Gumanano merupakan salah satu spot menarik untuk dikujungi. Sebelum lokasi wisata ini ada beberapa spot yang juga dapat disinggahi yakni Danau Maobu, Pantai Mutiara, Pantai Wantopi dan Gua Koo.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buteng Safrin saat ditemui di kediamannya mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan spot-spot andalan yang ada di Buteng.

“Kita berusaha bagaimana pariwisata Buteng ini dapat dilirik oleh masyarakat mancanegara maupun lokal, jadi semua potensi kita kumpulkan dan kembangkan secara bertahap,” ungkap Safril, Selasa (11/6/2019).

Safril mengaku, Buteng memiliki banyak potensi wisata mulai dari alam, sejarah hingga budaya. Namun, pihaknya memiliki rencana besar untuk membuat Buteng sebagai Adventure Tourism yang ada di Sultra. (A)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib