Permandian Maobu, Wisata Buteng di Bibir Jalan Mawasangka

Permandian Maobu, Wisata Buteng di Bibir Jalan Mawasangka
PERMANDIAN MAOBU - Bongkahan batu krust yang berada di Desa Lalibo, Mawasangka Tengah, Buton Tengah (Buteng) ini bernama Permandian Maobu (SUMBER:@xaverius_endro)

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI – Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan daerah dengan tekstur tanah berbatu krust, sehingga tak heran permandian yang terbentuk karena bongkahan batu menjadi destinasi wisata adalan di daerah ini.

Perjalanan awak ZONASULTRA.COM menelusuri sejumlah destinasi wisata di Buteng, di mulai pada hari Kamis, 3 Januari 2019 dengan menikmati keindahan permandian Maobu.

Permandian Maobu, Wisata Buteng di Bibir Jalan Mawasangka

Permandian Maobu berada di Desa Lalibo, Kecamatan Wasangka Tengah. Jarakanya dari pusat ibu kota Buteng, Labungkari sekitar 50 kilo meter dengan waktu tempuh 1 hingga 1,5 jam. Untuk sampai kesini dapat diakses menggunakan roda dua maupun roda empat.

Berada persis di pinggir jalan poros Labuangkari- Mawasangka membuat pemandian ini sangat mudah dijangkau dan tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk menikmati keindahannya.

(Baca Juga : Ini Tiga Objek Wisata Favorit di Buton Tengah)

Bongkahan batu krust, dengan diameter sekitar 20-30 meter membentuk sebuah kolam alami yang berisikan air payau yang begitu jernih.

Warnanya yang biru dengan sekelilingnya merupakan batuan yang membentuk relief seperti di dalam sebuah gua, menambah eksotisme dari Permandian Maobu tersebut.

Dengan kedalam air sekitar 5-8 meter, dari ketinggian kita dapat melihat sebagian dasar dari permandian Maobu.

Permandian Maobu, Wisata Buteng di Bibir Jalan Mawasangka

Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin dengan bermain air di tempat ini, kami sarankan pengunjung harus pandai berenang serta Anda harus menahan dinginnya air dari Pemandian Maobu.

Sejumlah spot Permandian Maobu dapat pula Anda abadikan dengan beberapa jepretan untuk keperluan media sosial Anda.

Untuk biaya masuk ke wisata ini belum dilakukan penarikan retribusi oleh pemerintah setempat, padahal di sejumah titik sudah dibangun fasilitas gazebo dan musollah.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Buteng, tidak ada salahnya wisata Permandian Maobu menjadi salah satu list kujungan untuk mengisi liburan akhir pekan bersama teman, sahabat dan keluarga. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib