iklan zonasultra

Pernah Ketua HMI Kendari, Ini Profil Kepala Ombudsman Sultra Mastri Susilo

Mastri Susilo telah resmi terpilih menjadi Kepala Perwakilan Ombudman Sulawesi Tenggara (Sultra)
Mastri Susilo

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mastri Susilo telah resmi terpilih menjadi Kepala Perwakilan Ombudman Sulawesi Tenggara (Sultra) setelah mengikuti serangkaian seleksi. Pria yang berpengalaman dalam berbagai organisasi ini berhasil mengungguli kontestan lainnya Hidayatullah, Tina Dian Ekawati, dan Kamaruddin Jafar.

Mastri lahir di Blora pada 18 April 1973. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Pendidikan Bidang Keahlian Ekonomi Koperasi Universitas Halu Oleo. Saat ini, ia tengah melanjutkan S2 di Program Studi Agribisnis Konsentrasi Pengembangan Masyarakat UHO.

Sederet pengalaman organisasi yang dilaluinya yakni Sekretaris Umum Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Universitas Haluoleo Tahun (1992 – 1993), Wakil Ketua Senat Mahasiswa FKIP UHO (1993 – 1994), Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FKIP UHO Periode 1994 – 1995.

Ia juga pernah aktif sebagai Anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Penegak dan Pandega Provinsi Sultra Periode 1992 – 1996, Sekretaris Umum HMI Cabang Kendari Periode 1997 – 1998, Ketua HMI Cabang Kendari Periode 1998 – 1999, Ketua Umum HMI Cabang Kendari Periode 1999 – 2000.

Selain itu, Mastri pernah di Departemen Partisipasi Pembangunan Nasional PB HMI Periode 1999 – 2001, lalu Sekretaris Umum PKMW KAHMI Sulawesi Tenggara masa bakti 2011 – 2016 dan 2017 – 2023, dan Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan Masyarakat Pesisir dan Pedalaman (LePMIL) Sultra (2006 – 2008).

Saat mendaftar di Ombudsman, Mastri merupakan Tenaga Ahli Kabupaten Konawe Utara dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). Selain itu, Mastri memiliki pengalaman kerja sebagai tenaga ahli dalam berbagai proyek.

Misalnya Mastri pernah menjadi asisten staf ahli dalam Studi Identifikasi dan Pemetaan Kawasan di Kolaka pada 2001 yang diadakan oleh UHO dan Bappeda Kolaka. Koordinator program Mapping Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah di Kendari,Konawe, dan Konawe Selatan dalam Program Learning For Assistant Islamic School (LAPIS) pada 2004.

Mastri juga pernah menjadi fasilitator Assessment TANGO pada 2006 yang diselenggarakan Tifa Foundation. Pernah menjadi anggota tim Penyusunan Strategi Daerah Penanggulangan Kemiskinan (SDPK) Kota Kendari pada 2006 yang diselenggarakan Bappeda Kendari.

Mastri juga memiliki pengalaman pendampingan masyarakat, pengalaman fasilitasi, serta pengalaman monitoring dan evaluasi. Pengalaman kegiatan lainnya adalah, Mastri pernah menempati posisi Public Relation (Humas) pada PT Bakti Bumi Sulawesi (Huadi Nickel Alloy-Ind) di Kabupaten Bombana dari 2012 hingga 2014.

Di perusahaan itu, lingkup kerja Mastri di antaranya membuat laporan secara periodik perkembangan sosial kemasyarakatan yang ada di masyarakat sekitar areal pertambangan. Di samping itu juga memberikan masukan dan alternatif solusi kepada pihak manajemen atas masalah-masalah yang terjadi terkait konflik perusahaan dengan pihak lain. (A)

 


Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib