iklan zonasultra

Petani Kolut Akan Menjalini Sekolah Lapang

Petani Kolut Akan Menjalini Sekolah Lapang
SEKOLAH LAPANG - Sejumlah petani di kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti Sekolah Lapang (SL) untuk meningkatkan kulaitas mereka dalam program revitalisasi kakao sesuai Program Pemerintah Daerah (pemda) setempat. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Sejumlah petani di kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti Sekolah Lapang (SL) untuk meningkatkan kulaitas mereka dalam program revitalisasi kakao sesuai Program Pemerintah Daerah (pemda) setempat.

Para petani ini akan dibimbing oleh salah seorang profesor yang didatangkan khusus oleh Pemda Kolut.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kolut Syamsu Ridjal mengatakan, program ini bertujuan untuk merubah sikap dan pola berkebun petani yang selama ini dilakukan secara tradisional dalam perawatan tanaman kakao tanpa mengunakan ilmu dan teknologi.

iklan zonasultra

Menurutnya, program revitalisasi kakao ini memiliki tantangan yang cukup besar, terutama merubah cara dan pola pikir petani itu sendiri.

“Tanggal 23 Maret ini akan dilakukan pertemuan atau sekolah lapang dengan para ahli yakni profesor pendamping tentang tata cara menanam kakao yang benar,” ujarnya.

Dia menambahkan, progam ini akan mengubah pola pikir petani dalam hal melakukan penanaman kakao, merawat, memelihara, mengendalikan hama sampai dengan menghasilkan kakao sesuai dengan petunjuk para ahli dengan mengunakan teknologi.

Selain itu, para petani kakao juga akan mendapatkan pendidikan tentang tata cara menanam tanam sela berupa talas jepang secara benar.

“Dari persemaian akan ditanam pada lahan yang telah disediakan,” tandasnya. (B)

 


Reporter : Rusman
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib