iklan zonasultra

Pilkada Wakatobi, Dua Balon Sudah Tentukan Wakil, Arhawi Masih ‘Single’

Pilkada 2020, Agus Sana'a: PDIP Belum Tentu Usung Rusman dan Abu Hasan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Sejumlah nama bakal pasangan calon (balon) bupati di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah gencar mensosialisasikan diri maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Untuk sementara ada tiga figur balon yang menyatakan diri bakal berkontestasi pada pilkada 23 September 2020 tersebut. Ketiganya adalah Arhawi selaku incumbent, Febri Hidayat, dan Haliana.

Dari ketiga nama kontestan ini, baru Febri Hidayat dan Haliana yang sudah menentukan pasangan. Sementara Arhawi hingga saat ini masih belum menentukan siapa yang akan menjadi wakilnya.

iklan zonasultra

Baca Juga : Maju Pilkada Wakatobi, Haliana dan Ilmiati Resmi Daftar di PDIP

Yang pertama kali menyatakan diri bakal berpasangan adalah Haliana dan Ilmiati Daud, menyusul Febri Hidayat dengan La Ode Puasa.

Arhawi mengatakan alasan dirinya masih single hingga saat ini sebab ada kriteria khusus untuk bakal calon wakilnya ke depan, guna memuluskan periode keduanya.

“Tentu harus figur yang mengerti tentang tugas pemerintahan dan memiliki cita-cita yang sama dalam membangun Kabupaten Wakatobi yang sudah diletakkan selama 16 tahun,” kata Arhawi.

Selain itu, yang menjadi wakilnya nanti semata-mata tidak hanya datang menyodorkan diri. Namun harus membawa gerbong partai politiknya.

“Jika hanya mau berkoalisi dengan Golkar lalu datang secara gratis, mohon maaf. Untuk komunikasi lintas partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Wakatobi telah dilakukan. Pendaftaran di hampir semua partai politik yang membuka penjaringan juga telah dilakukan,” ujarnya.

Figur milenial Febri Hidayat mengaku telah mempersiapkan diri maju di pilkada dengan membangun komunikasi ke sejumlah parpol sebagai kendaraan politiknya.

Adapun partai yang dimaksud adalah PDIP, Hanura, Partai Amanat Nasion (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Demokrat.

Saat ini Febri Hidayat sudah mengantongi surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura sebagai dasar akan dikeluarkannya surat rekomendasi.

Pihaknya juga terus rutin melakukan komunikasi ke sejumlah partai lainnya.

“Saya telah mengikrarkan diri maju Pilbup Wakatobi. Tentu ikut membangun daerah, utamanya untuk memberikan kemakmuran pada masyarakat Wakatobi. Dan saya fokus ke masyarakat nelayan, petani dan profesi lainnya,” ungkap Febri di Wangiwangi, Selasa (10/3/2020).

Sementara Haliana mengaku dirinya bersama Ilmiati Daud telah membangun komunikasi sejak lama, bahkan keduanya sering menghadiri undangan bersama-sama.

“Saat kami turun survei ternyata banyak masyarakat menginginkan ibu Ilmiati Daud jadi wakil,” terangnya.

Ilmiati Daud mengatakan maju mendampingi Haliana karena memiliki kesamaan visi dan misi untuk membangun Wakatobi lebih baik.

“Kami sering berdiskusi tentang daerah ini dengan pak Haliana dan dari diskusi-diskusi itu kami merasa klik untuk berpasangan. Saat kami turun survei, ternyata sangat banyak masyarakat yang menginginkan kami berpasangan. Sehingga saya kira Haliana Ilmiati yang paling bagus,” jelasnya.

Baca Juga : Maju Pilkada Wakatobi, Pemuda Ini Daftar di Tiga Partai

La Ode Puasa menyatakan dirinya siap untuk mendampingi Febri Hidayat. Menurut dia, pasangan muda itu akan mampu membawa Wakatobi ke arah kesejahteraan melalui ide-ide segar dan gagasan kreatif.

“Saya menyatakan siap, karena anak muda itu memiliki suatu kreatifitas yang tinggi. Pandangan dan pemikirannya masih cepat dan jauh ke depan. Kemudian dari segi fisik, pemikiran, tenaga dan lain sebagainya kita harus akui bahwa ia memiliki kemampuan. Pengalaman yang saya lalui selama puluhan tahun di dunia birokrasi menjadi modal utama untuk mendukung kolaborasi bersama Febri Hidayat guna mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang profesional,” terangnya. (b)

 


Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib