iklan zonasultra

Pilkades Serentak di Muna Bakal Dihelat Usai Pilkada

pilkades kolAKA
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pemerintah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadwalkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak bakal dihelat tahun depan.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muna, Darmansyah saat ditemui, Jumat (13/12/2019).

Kata Darmansyah, pelaksanaan Pilkades tersebut tak bisa dilaksanakan tahun ini mengingat keterbatasan anggaran.

iklan zonasultra

“Tahun ini tidak ada dana yang diporsikan untuk Pilkades,” terang Darmansyah.

Rencananya, pemilihan kepala desa akan digelar usai pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September 2019 mendatang. “Kita jadwal setelah Pilkada. Kemungkinan bulan Oktober atau November,” jelasnya.

Namun untuk sosialisasi kata Darmansyah akan dijadwalkan pada Januari 2020 mendatang. Hal itu dilakukan agar kesiapan para figur calon Kades lebih matang untuk bertarung. Untuk aturannya sendiri sudah disiapkan sisa dibenahi saja.

Dirinya juga menepis, jika pelaksanaan Pilkades tersebut sarat akan kepentingan politik karena dilaksanakan usai Pilkada.

Kata dia, tidak ada muatan politik karena didalam Undang-Undang mengatakan syaratnya harus dilaksanakan secara serentak. “Kalau tahun ini belum bisa dilakukan karena masih ada beberapa kepala desa belum berakhir masa jabatannya. Makanya kenapa kita pilih tahun depan,” timpal Darmansyah.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan pertimbangan kenapa Pilkades dilakukan usai Pilkada karena mengakawatirkan kondusifitas keamanan didaerah.

Olehnya itu, pihaknya memilih untuk pelaksanaan Pilkades diselenggarakan tahun depan. Rencananya bakal dilaksanakan dalam dua tahap. Hal ini juga dilakukan keterbatasan dalam pengawasan dana yang akan digelontorkan cukup besar.(b)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor: Abd Saban
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib