Plt Kades Lagadi Copot Sembilan Perangkat Desa

Ilustrasi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Lagadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Alwi mencopot sembilan orang perangkat desa setempat, pada Senin (14/1/2019) kemarin. Hal itu dilakukannya karena para perangkat desa itu dianggap tidak mengikuti arahan.

Alwi mengaku sejak Oktober 2018 lalu sudah menyampaikan kepada seluruh perangkat desa akan dilakukan evaluasi selama tiga bulan, dengan catatan menyiapkan data-data yang dibutuhkan di desa seperti papan data desa ini. Namun sampai saat ini permintaan itu tidak dipenuhi.

“Karena tidak melihat papan data Desa Lagadi tidak dipasang, saya mengintruksikan kepada Sekretaris Desa La Ode Baizul Rahman, selaku yang bertanggung jawab penuh di desa itu. Saya bilang tolong adakan mengenai data kependudukan, potensi desa dan lainnya tetapi itu tidak diindahkannya,” kata Alwi saat ditemui di Desa Kusambi, Selasa (15/1/2019).

Sebelum mencopot mereka, Alwi mengaku sudah melakukan konsultasi kepada Camat Lawa La Sahara dan direspon bahwa harus mengevaluasi dulu kinerja perangkat desa tersebut. Evaluasi sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan dari perangkat desa.

“Saya mengikuti arahan pak camat dan melakukan evaluasi selama tiga bulan. Tapi, karena saya lihat kerjanya tidak akan pernah mau membantu kepala desa, sehingga saya adakan pergantian,” ujar Alwi.

Terkait surat tembusan pencopotan sembilan perangkat desa itu, Alwi baru saja menyerahkan kepada pihak Kecamatan Lawa tadi pagi, Selasa (15/1/2019).

Salah satu perangkat desa Lagadi yang sudah dicopot dari jabatan Sekretaris Desa yakni La Ode Baizul Rahman, tidak mau banyak komentar. Dia beralasan sudah melakukan konfirmasi di media lainnya.

“Sudah mi pak, saya sudah malas bahas masalah itu. Kalau mau tahu silahkan konfirmasi dengan teman anda yang sudah terbitkan berita masalah pencopotannya. Saya sudah mediakan itu,” ucapnya saat dihubungi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Mubar, La Ode Tibolo mengaku belum bisa berkomentar terkait pencopotan perangkat desa tersebut. Sebab, dia belum mengetahui pasti apa masalah sebenarnya.

“Saya belum bisa komentar ya, sebab saya belum tau masalahnya. Maaf, saya kontak dulu kadesnya,” kata Tibolo melalui pesan Whatsapp.

Sebagai informasi, sembilan Perangkat Desa Lagadi yang dicopot yakni Sekretaris Desa La Ode Baizul Rahman, Bendahara Desa Edi Husman, Kaur Keuangan Desa La Ibe, Kaur Umum Desa Wa Sahinu, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Monis Sarius, Operator Desa Ahmad Kasim, Kepala RT I La Salo, Kepala RT II La Ode Maliki, dan Kepala RT IV La Ode Baharudin. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib