iklan zonasultra

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie
UPACARA PEMAKAMAN - BJ Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara pemakaman Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Presiden Indonesia ke-3 ini dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Jenazah almarhum Habibie tiba di Makam Pahlawan sekitar pukul 13.30 WIB yang disambut langsung oleh Jokowi.

Suasana haru menyelimuti proses pemakaman BJ Habibie. Selain Jokowi, hadir pula Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang hadir bersama keluarga, mantan Wapres Budiono, serta para menteri dan politikus Indonesia.

Baca Juga : Ratusan Pelajar MAN 1 Kendari Salat Gaib untuk Bj Habibie

iklan zonasultra

“Semoga dapat menjadi suri tauladan dan arwahnya dapat diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Jokowi di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Selanjutnya, jenazah Habibie dikebumikan dengan prosesi kenegaraan. Habibie telah diantar menuju peristirahatan terakhir menemui kekasih hatinya Ainun yang telah mangkat lebih dahulu.

Keluarga menaburkan bunga di atas pusara Habibie diiringi lagu Gugur Bunga. Selanjutnya Jokowi menyerahkan karangan bunga atas nama negara di samping pusara.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan masyarakat Indonesia berkabung atas wafatnya BJ Habibie. Kehadirannya dan segenap masyarakat di Taman Makam Pahlawan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Habibie atas jasa dan darma bakti kepada bangsa Indonesia.

“Almarhum tidak hanya bepikir sendiri. Tapi berpikir tentang bangsa,” lanjut Jokowi.

Baca Juga : Kepala Daerah Diminta Instruksikan Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Pantauan zonasultra.com, banyak warga yang turut hadir mengantar almarhum Habibie. Rakyat Indonesia merasa sangat kehilangan sosok inspiratif seperti Habibie.

“Pak Habibie orang baik, orang saleh,” kata sebagian masyarakat yang turut berziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun. Habibie mengembuskan napas terakhirnya pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9/2019). (b)

 


Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib