iklan zonasultra

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka
HUT RI - Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-74 di lapangan Patepo, kompleks PT ANTAM UBPN Sultra, di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Sabtu (17//8/2019). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir untuk Negeri yang diselenggarakan oleh tiga perusahaan BUMN turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74 yang digelar di kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak tanggal 16 hingga 18 Agustus.

Tahun ini, PT PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk yang memiliki unit bisnis pertambangan nikel di kecamatan Pomalaa – kabupaten Kolaka, didaulat sebagai tuan rumah penyelenggara program BUMN Hadir untuk Negeri bersama PT Indofarma Tbk (perusahaan farmasi) dan PT Jasindo (penyedia jasa asuransi).

Kunjungan Siswa Mengenal Nusantara asal Kepulauan Bangka Belitung

iklan zonasultra

Program BUMN Hadir untuk Negeri kali ini dimulai dengan kunjungan 23 orang siswa – siswi SMA asalah provinsi Kepualuan Bangka Belitung melalui program Siswa Mengenal Nusantara.

Mereka diterima secara resmi oleh Direktur Utama (Diurt) PT ANTAM Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo bersama jajarannya di Wima Fitrah, Kompleks PT ANTAM Unit Bisnis Pertamnbagan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra), di Pomalaa, kabupaten Kolaka, Jumat (16/8/2019).

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka

Dalam kesempatan itu, Arie Prabowo Ariotedjo menjelaskan bahwa program Siswa Mengenal Nusantara bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah, dan kewirausahaan yang dimiliki Indonesia. Para peserta diseleksi dari 7000 orang pendaftar kemudian disaring menjadi 23 siswa.

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka

“Melalui program ini diharapkan akan memperkuat rasa cinta tanah air dari para generasi penerus bangsa, juga dapat memberikan tambahan wawasan sebagai bekal di masa depan kelak. Oleh karenanya, kami mengharapkan program ini dapat diikuti dengan baik dan maksimal,” ujar Arie.

Sementara itu, Asisten Deputi Industri Agro Farmasi PT Indofarma, Imam Paryanto yang mewakili Kementrian BUMN berharap peserta program ini dapat berinteraksi dengan masyarakat untuk mengenal budaya dan kearifan lokal yang dimiliki provinsi Sultra.

“Dengan mengetahui perbedaan, para siswa dapat merasa bangga akan kebhinekaan Indonesia,” pungkasnya.

Para siswa ini juga berkesempatan untuk melihat langsung proses pengolahan nikel di pabrik PT. Antam UPBN Sultra. Tujuannya untuk mengetahui cara penambangan dan pemurnian Feronikel, termasuk melihat feronikel hasil olahan ANTAM yang telah siap ekspor ke luar negeri.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Lomba Rakyat

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka

Program BUMN Hadir untuk Negeri juga menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-74 di lapangan Patepo, kompleks PT ANTAM UBPN Sultra, di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Sabtu (17//8/2019).

Usai gelaran upacara, dilanjutkan dengan acara lomba rakyat, seperti tarik tambang antara jajaran direksi BUMN dengan pemerintah setempat, lomba tarik tambang antar ibu–ibu hingga lomba panjat pinang.

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka

Pasar Murah Siapkan 4.000 Paket Sembako

Program BUMN Hadir untuk Negeri kali ini juga menjual 4.000 paket sembako bagi warga Kabupaten Kolaka yang mendapatkan kupon. Kegiatan ini berlangsung di kawasan Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) Mekongga, Kolaka, Sabtu (17/8/2019).

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di KolakaAsisten Deputi Usaha Industri Agro dan Farmasi I Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Imam Paryanto mengatakan kegiatan pasar murah tersebut dilaksanakan oleh PT ANTAM Tbk, PT Asuransi Jasindo, dan PT Indofarma Tbk.

Pada peringatan HUT RI ke 74 ini, ketiga perusahaan BUMN tersebut membagikan 600 paket sembako kepada warga yang dipusatkan di SIKIM Mekongga, Tahoa, Kolaka. Dengan harga jual hanya Rp25 ribu per paket, di dalamnya terdapat beras, minyak goreng, ikan kaleng, susu, terigu, garam, dan gula.

Selanjutnya, hasil dari penjualan paket itu yang diperkirakan mencapai Rp100 juta itu nantinya akan disumbangkan untuk pondok-pondok pesantren di wilayah Kabupaten Kolaka.

“Paket sembako yang dibagikan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan hasil dari penjualan juga kembali disumbangkan,” tambahnya.

Imam menuturkan agar program pasar murah ini tepat sasaran maka BUMN melibatkan pemerintah daerah setempat untuk membagikan kupon kepada penerima. Menurutnya, pemerintah daerah yang lebih mengetahui mana warganya yang kurang mampu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Muhammad Azikin menambahkan pasar murah BUMN hadir untuk negeri ini digelar di lima kecamatan di Kolaka, yakni Kolaka, Toari, Polinggona, Watubangga, dan Wundulako.

“Untuk di Kecamatan Kolaka, kita pusatkan di SIKIM, agar masyarakat juga tahu tempat ini. Salah satu cara untuk memperkenalkan keberadaan SIKIM kepada masyarakat,” tambahnya.

Terdapat tujuh titik lokasi terlaksananya pasar murah. Adapun lokasi pasar murah dilaksanakan di SIKIM Mekongga terjadwal pada Minggu, 18 Agustus 2019. Sebanyak 1.000 paket sembako bakal dibagikan.

Kemudian 1.000 paket sembako lainnya dibagikan ke warga Desa Tikonu, Wundulako pada hari Rabu, 21 Agustus. Dilanjutkan ke warga desa Pondouwae-Polinggona sebanyak 400 paket pada tanggal 22 Agustus, serta 400 paket lainnya untuk warga desa Puudongi-Polinggona yang akan dibagikan pada hari Sabtu, 24 Agustus nanti.

Lalu, pada Minggu, 25 Agustus 2019 di Mataosu Ujung, Watubangga sebanyak 200 paket sembako. Pada Senin, 26 Agustus 2019 di Desa Rano Sangia, Toari sebanyak 400 paket sembako yang bakal diberikan kepada warga di sana.

Jalan Sehat dan Pemberian Bantuan Sosial

Program BUMN Hadir untuk Negeri Meriahkan HUT RI ke-74 di Kolaka

Kegiatan jalan sehat dilaksanakan pada hari Minggu (18/8/2019), dimulai dari kawasan SIKIM Mekongga, menyususi Jalan Mekongga Indah lalu mengitari Tugu ANTAM dan kembali ke SIKIM Mekongga. Kegiatan ini diikuti ribuan masyarakat kabupaten Kolaka,

Dirut PT ANTAM Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, jalan Sehat BUMN Hadir untuk Negeri dikoordinasi oleh PT ANTAM Tbk bersama PT Asuransi Jasindo dan PT Indofarma dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun.

Arie menjelaskan jalan sehat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, mengingat kesehatan merupakan aset yang sangat berharga. Agar cita-cita mewujudkan sumber daya manusia yang unggul demi Indonesia maju dapat terlaksana dengan baik.

“Dengan badan yang selalu sehat, kita tentunya dapat meningkatkan kinerja dan produktifitas dalam beraktivitas,” ujarnya.

Selain itu, kata Arie, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperat tali silahturahmi antara karyawan perusahaan BUMN yang beroperasi di Sulawesi Tenggara dan masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana pendidikan untuk siswa SD, SMP, dan SMA dengan total penerima sebanyak 120 orang. Ketiga BUMN ini juga memberikan bantuan sarana air bersih berupa pipanisasi untuk pengaliran air bersih. Termasuk, perbaikan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang tersebar di 150 titik lokasi dan bedah rumah di 10 titik lokasi, serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang hadir dalam kegiatan jalan sehat tersebut.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei sangat mengapresiasi kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri ini. Kata dia, sebagai bukti BUMN Hadir untuk Negeri, pemerintah dan ketiga BUMN tersebut mengunjungi warga penerima bantuan bedah rumah.

Menurutnya, berbagai kegiatan yang diselenggarakan BUMN Hadir untuk Negeri ini untuk mendukung dan memotivasi pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dengan kualitas kehidupan yang lebih baik. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib