iklan zonasultra

Puasa Wadah Untuk Melatih Kesabaran

Puasa Wadah Untuk Melatih Kesabaran
CERAMAH RAMADAN - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas saat mengisi ceramah Ramadan di Masjid Agung Al Kautsar, Rabu (15/5/2019). (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Berbagai keutamaan dalam menjalankan ibadah puasa dalam Ramadan, salah satunya adalah untuk melatih kesabaran.

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas dalam ceramah Ramadan di Masjid Agung Al Kautsar, Rabu (15/5/2019) malam menyampaikan bahwa puasa merupakan ajang untuk melatih kesabaran.

Aktivitas puasa seperti ini secara tidak langsung melatih seorang muslim untuk selalu bersikap sabar dalam berbagai macam kondisi, termasuk sabar atas ujian hidup. Pohon kesabaran bukan tanpa buah. Buahnya adalah Allah bersama orang yang sabar, sebagaimana firman-Nya, “Dan bersabarlah! Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46)

Untuk melengkapi renungan tentang sabar, mari kita renungi pesan Nabi Muhammad kepada Ibnu Abbas. Hadis ini sangat banyak direnungi, sekaligus dikagumi oleh ulama-ulama kita, karena itu sering dijadikan pesan kepada umat. “Ya Ghulam, maukah engkau mendengarkan beberapa kalimat yang sangat berguna,”

Baca Juga : 6 Keutamaan Puasa Ramadan

“Jagalah Allah SWT, maka engkau akan mendapatkannya selalu menjagamu. Jagalah Allah Swt, maka engkau akan mendapatkannya selalu dekat di hadapanmu. Kenalilah Allah dalam sukamu, maka Allah akan mengenalimu dalam dukamu,”jelasnya.

Bila engkau meminta, mintalah kepada Allah. Jika engkau membutuhkan pertolongan, mohonkanlah kepada Allah. Semua hal (yang terjadi denganmu) telah selesai ditulis. Ketahuilah, seandainya semua makhluk bersepakat untuk membantumu dengan apa yang tidak ditakdirkan Allah untukmu, mereka tidak akan mampu membantumu. Atau bila mereka berkumpul untuk menghalangi engkau mendapatkan apa yang ditakdirkan untukmu, mereka juga tidak akan dapat melakukannya.

Semua aktivitasmu kerjakanlah dengan keyakinan dan keikhlasan. Ketahuilah bahwa bersabar dalam musibah itu akan memberikan hasil positif; dan bahwa kemenangan itu dicapai dengan kesabaran; dan bahwa kesuksesan itu sering dilalui lewat tribulasi; dan bahwa fasilitas itu tiba setelah kesulitan.” (HR. Ahmad, Hakim, Tirmidzi)

Baca Juga : Manfaat Puasa Dalam Tinjauan Sains

Pesan Nabi Muhammad SAW dan Hadis ini sarat pesan untuk menjalani hidup dalam ridha Allah SWT. Banyak ulama kita bila membaca pesan Nabi SAW ini bergetar jiwa dan raganya. Begitu penting dan kuatnya pesan Nabi yang disampaikan kepada Abdullah bin Abbas. Mari sejenak kita resapi tiga pesan melayani, yaitu:

“Pertama, Allah menjaga orang yang menjaganya. Subhanallah. Jika seluruh sistem dan teknologi perawatan di dunia dikumpulkan tetap saja tidak akan mampu menandingi perawatan Allah. Sungguh beruntung mereka yang taat kepada Allah (menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya) sebab jaminannya adalah dijaga oleh Allah, dan selalu dekat dengan Allah,”ungkapnya.

Kedua, kenalilah Allah dalam sukamu, maka Allah akan mengenalimu dalam dukamu. Order ini luar biasa indah. Sebuah kondisi yang sering kita harapkan dalam kehidupan. Tapi yang terjadi justru di saat suka saja orang-orang mengenali kita. Tapi begitu duka tiba, maka berlalu pula orang-orang yang di kala jaya sering bersama. Karena itu, hanya Allah yang akan mengenali kita di kala duka bila kita mengenal Allah di kala suka. Allah tidak akan meninggalkan kita, sekalipun dalam posisi menghadapi tes musibah.

Ketiga, Allah saja tempat meminta dan memohon. Subhanallah, selama ini kita sering keliru, bahkan bisa jadi sering sesat. Betapa tidak, banyak di antara kita yang meminta dan memohon pertolongan kepada selain Allah. Apa pun hajat yang kita inginkan, maka pikiran dan usaha kita adalah mencari orang, dan cara agar mendapat bantuan dan pertolongan. (b)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib