Putra dan Putri Koltim Ini Terpilih Jadi Duta Genre Sultra 2017

Putra dan Putri Koltim Ini Terpilih Jadi Duta Genre Sultra 2017
DUTA GENRE SULTRA : Penyerahan hadiah oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail kepada Duta Generasi Berencana (Genre) Sultra 2017 terpilih pada acara Malam Puncak Pemilihan Duta Genre 2017 di Kendari Town Square, Sabtu (8/4/2017) malam. (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)
Putra dan Putri Koltim Ini Terpilih Jadi Duta Genre Sultra 2017
DUTA GENRE SULTRA – Penyerahan hadiah oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail kepada Duta Generasi Berencana (Genre) Sultra 2017 terpilih pada acara Malam Puncak Pemilihan Duta Genre 2017 di Kendari Town Square, Sabtu (8/4/2017) malam. (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Putra dan putri perwakilan asal Kolaka Timur terpilih menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) dalam malam puncak pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2017 pada Sabtu 8 April, di Kendari Town Square (K-Tos).

Duta Genre 2017 Putra diraih oleh Ismoyo Ndosam (21) yang berasal dari Raterate (Koltim). Ia merupakan mahasiswa Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO). Mahasiswa semester VI (enam) ini merasa sangat bangga bisa mengharumkan nama daerahnya.

Dengan terpilihnya sebagai Duta Genre, ia akan berusaha sebaik mungkin untuk mengemban amanah menjadi seorang duta. Tentu saja, pria yang disapa Ismoyo ini, akan mempersiapkan diri untuk mewakili Sultra di tingkat nasional.

Putra dan Putri Koltim Ini Terpilih Jadi Duta Genre Sultra 2017

“Tentu saja ada persiapan khusus, karena setelah dinobatkan sebagai duta. Itu berarti kita diberikan amanah. Dan amanah ini tidak boleh diabaikan begitu saja,” ujar dia saat diwawancarai usai terpilih menjadi duta Genre di K’Tos, (8/4/2017) malam.

Selain itu, ia akan berusaha menjadi panutan dengan menjalankan tugas sebagai Duta Genre dalam mewujudkan Tegar Remaja yaitu remaja yang menunda usia perkawinan, berperilaku sehat, dan menghindari risiko TRIAD KRR (seksualitas, NAPZA, HIV, dan AIDS). Bagi dia, mengetahui dan memahami genereasi berencana ini sangat amat bermanfaat untuk generasi muda.

Serupa dengan Ismoyo, Nurhasanah Azis (20) mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UHO juga berasal dari Kolaka Timur. Dia yang asli Ladongi sedang menjalani pendidikan di tingkat semester VI (enam) di kampus hijau Kendari.

Nurhasanah merasa luar biasa bisa terpilih menjadi duta Genre yang akan menyosialisasikan program Genre dikalangan remaja. Dia mengaku mendapatkan pelajaran yang luar biasa, karena bisa belajar dan bertemu dengan orang-orang hebat.

“Saya ikut kegiatan ini karena terinspirasi dari temannya yang juga pernah mengikuti pemilihan duta Genre sebelumnya,” ujar dia.

Putra dan Putri Koltim Ini Terpilih Jadi Duta Genre Sultra 2017

Telah terpilih, ia akan memfokuskan diri untuk memberikan yang terbaik ditingkat nasional nanti dan akan bekerja menyukseskan program Genre di Sultra. Menurut Putri Ladongi tersebut, persiapan mental, fisik, dan tentunya belajar yang paling utama. Dia yakin, hasil tidak akan mengkhianati usaha yang dilakukan.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail mengatakan yang terpilih sebagai Duta Genre Sultra 2017 akan mewakili provinsi Sultra ditingkat nasional. Mereka akan berangkat ke Jakarta sekitar bulan delapan tahun ini.

Ali menambahkan Duta Genre terpilih diharapkan dapat menjadi figur teladan serta motivator dikalangan Genre dan remaja lainnya. Untuk mewujudkan Generasi Berencana Sultra, remaja yang memiliki pengetahuan, bersikap sebagai remaja, namun dengan perencanaan matang dalam menapaki masa depan. Dan terus menjalankan tugas serta tanggung jawab sebagai duta panutan yang baik bagi remaja sebayanya. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib