Raih WTP, Pemda Butur Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Raih WTP, Pemda Butur Terima Penghargaan dari Kemenkeu
PENGHARGAAN - Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariyah menyerahkan piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI kepada Bupati Butur, Abu Hasan di Aula BPPEDA Butur, Senin (26/11/2018). Penyerahan itu terkait capaian opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2017. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI karena sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2017.

Penyerahan penghaargaan itu diberikan melalui Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan provinsi Sultra, Ririn Kadariyah kepada Bupati Butur, Abu Hasan di Aula BPPEDA setempat, Senin (26/11/2018).

iklan zonasultra

Pada kesempatannya, Bupati Butur mengatakan capaian tersebut merupakan hasil dari kesungguhan dan kerja keras seluruh stakeholder dalam menunaikan tugasnya. Menurutnya, ke depan tak ada lagi pilihan lain, selain mempertahankan prestasi yang telah sukses diraih itu.

“Kerja keras ini tidak boleh kita hentikan. Sekarang maupun ke depan kita harus bekerja keras, karena kalau kerja keras dan sungguh-sungguh ini kita hentikan, maka prestasi yang kita sudah capai, ini hanya akan menjadi mitos di masa depan,” tuturnya.

Untuk mempertahankan prestasi tersebut, lanjutnya tentu harus dilakukan perbaikan di berbagai aspek. Mulai dari perencanaan, implementasi, koordinasi, monitoring, hingga pelaporan.

“Sekali kita WTP, maka kita harus terus WTP. Sekali mendapat apresiasi, kita pertahankan,” seru Abu Hasan.

Mantan Karo Humas Pempov Sultra itu pun tak menampik, untuk meraih dan mempertahankan prestasi tersebut, bukanlah perkara yang mudah. Namun kata dia, dengan kerja keras dan kesungguhan yang terus menerus, hal itu bisa terwujud.

Senada dengan bupati, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariyah pun mengakuinya. Mempertahan opini WTP merupakan tantangan besar bagi pemda setempat.

Kata dia, apabila catatan atau rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan tidak ditindaklanjuti, maka tidak menutup kemungkinan opini tersebut bisa turun.

“Nah, jangan sampai terjadi. Mudah mudahan, saya sangat berharap, Kabupaten Buton Utara bisa mempertahankan opini WTP,” harapnya. (B)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib