iklan zonasultra

Sambangi SMAN 1 Tikep, KP2KP Raha Berikan Edukasi Pajak pada Siswa

Pajak Bertutur - Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Raha memberikan edukasi pajak kepada siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Tikep, Jumat (22/11/2019). (Kasman/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Raha memberikan edukasi pajak kepada siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Tikep, Jumat (22/11/2019).

Pelaksana harian (Plh) KP2KP Raha, Spin Rinto mengatakan, kegiatan edukasi pajak ini dilakukan kepada siswa SD, SMP dan SMA secara serentak di seluruh Indonesia hari ini. Edukasi pajak ini dibungkus dalam kegiatan ‘Pajak Bertutur’ dan hampir setiap tahun Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memilih sekolah-sekolah tersebut.

“Jadi hari ini kita sambangi SMAN 1 Tikep, dan menjadi salah satu sekolah yang terpilih dengan mengusung tema ‘Guru, Baktimu Tiada Tara’ dalam rangka Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 Nopember 2019. Kita juga mengingatkan kepada seluruh siswa jika suatu saat tumbuh menjadi Presiden, Menteri, pengusaha dan PNS jangan lupa membayar pajak untuk ikut serta membangun bangsa,” kata Spin Rinto di SMAN 1 Tikep.

iklan zonasultra

Baca Juga : Alumni SMAN 1 Tikep Berbagi Sembako ke Siswa Kurang Mampu

Dengan mengusung slogan DJP “Pajak kita, untuk kita” para siswa diajarkan tentang makna filosofi pajak dan peranannya dalam pembangunan.

Dia menjelaskan, berdasarkan UU PPh No 36 tahun 2008 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 101/PMK.010/2016, Pajak Penghasilan hanya dikenakan atas penghasilan tertentu saja, yakni penghasilan diatas 54 juta per tahun atau 4,5 juta per bulan bagi lajang, jika kawin dan punya anak maka standarnya bertambah lagi.

“Dalam ABPN 2019 ini, Pendapatan Negara kita sebesar Rp. 2,165 triliun, 82,5% berasal dari pajak. Pembangunan Infrastruktur seperti Jalan, jembatan, pelabuhan,Bandara, Air Bersih, Sekolah, Rumah Sakit, Alutsista TNI/Polri, Beasiswa, Dana Bos, Dana Desa, gaji Guru dan PNS dan lain-lain dibiayai oleh pajak,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Tikep, Sujaria, mengucapkan terima kasih kepada KP2KP Raha, karena telah memilih sekolah ini sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pajak Bertutur tahun ini. Lanjut dia, dengan edukasi pajak bertutur ini, diharapkan dapat menimbulkan kesadaran kepada peserta didik bahwa pajak sebagai pilar utama pembangunan negara.

“Kami berpesan kepada seluruh siswa SMAN 1 Tikep, agar belajar dengan baik. Sehingga kelak, mampu menjadi orang sukses dan berguna bagi orang banyak serta ikut memberi sumbangsih bagi negeri,” ungkapnya. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib