iklan zonasultra

Sensus Penduduk 2020, BPS Lakukan Secara Online

Sensus Penduduk 2020, BPS Lakukan Secara Online
FOTO BERSAMA - Kepala BPS Sultra, Moh Edy Mahmud, Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Kepala BPS Kabupaten Kolaka, dan jajaran pejabat BPS lainnya foto bersama saat pembukaan Rapat Teknis Daerah BPS se-Sultra Sensus Penduduk 2020 Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan, disalah satu hotel di Kolaka, (4/12/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Badan Pusat Statistik (BPS) bakal menggelar sensus penduduk 2020 mendatang secara online. Hal serupa juga bakal dilakukan BPS se-Sulawesi Tenggara (Sultra).

Guna mematangkan persiapan tersebut, BPS Sultra menggelar Rapat Teknis Daerah BPS se-Sultra dalam rangka menghadapi Sensus Penduduk 2020 Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan, di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (4/12/2019).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) Moh. Edy Mahmud mengatakan, pihaknya memang sengaja menggelar rapat teknis daerah ini untuk persiapan sensus penduduk 2020 mendatang yang akan dilakukan secara online.

iklan zonasultra

Baca Juga : Sensus Penduduk 2020, BPS Terapkan Sistem Online

“Jadi tahun depan kita akan mengadakan kegiatan besar di seluruh Indonesia yakni mencatat seluruh penduduk. Termasuk penduduk di kabupaten dan kota se-Sultra,” jelasnya.

Untuk itu, kata Edy, masyarakat dapat memberikan data kependudukan secara online pada Februari-Maret 2020 BPS di laman sensus.bps.go.id. Sementara, daerah yang belum terjangkau jaringan, petugas yang mendatangi rumah penduduk.

Langkah ini diambil karena masih banyaknya masyarakat yang memiliki kesibukan, sehingga tidak sempat bertemu langsung dengan petugas. Mereka pun diminta berpartisipasi secara online untuk mengisi data kependudukannya.

Untuk itu, Kepala BPS Sultra ini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membantu dan mendukung kerja BPS Sultra saat mencatat seluruh penduduk dengan memberikan data yang valid dan sebenar-benarnya pada pelaksanaan sensus penduduk.

Hadir dalam pelaksanaan rapat teknis daerah tersebut,

Bupati Kolaka Ahmad Safei yang turut hadir dalam pelaksanaan rapat teknis BPS itu, mengharapkan para petugas dapat mengelola data dengan baik agar menjadi sumber data yang valid untuk dijadikan bahan penentu arah kebijakan oleh pemerintah daerah.

“Kami berharap dalam pelaksanaan sensus nanti, bisa menghasilkan data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib