iklan zonasultra

Siap-Siap, Ini Sasaran Operasi Patuh di Kolaka Utara

Siap-Siap, Ini Sasaran Operasi Patuh di Kolaka Utara
APEL - Kepolisian Resor (Polres) Kolaka Utara (Kolut) melaksanakan Apel Gelar Pasukan operasi patuh anoa 2020 selama 14 hari kedepan dengan mengutamakan tindakan preventif dan edukasi langsung kepada pengendara. Kamis (23/7/2020). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Kepolisian Resor (Polres) Kolaka Utara (Kolut) melaksanakan Apel Gelar Pasukan operasi patuh anoa 2020 selama 14 hari kedepan dengan mengutamakan tindakan preventif dan edukasi langsung kepada pengendara.

Apel gelar pasukan tersebut berlangsung di Lapangan Polres Kolut yang diikuti oleh aparat gabungan dari dinas perhubungan dan satuan polisi pamong praja (Sat-PP) setempat.

Kasat Lantas Polres Kolut Iptu Muh Ansar Ali menjelaskan, tiga sasaran utama operasi tersebut yakni pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), kendaraan roda empat yang melebihi kapasitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL) serta pengendara yang melawan arus.

Kemudian, operasi patuh anoa ini juga berbeda dari tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya menerapkan sistem operasi hunting tidak memusatkan operasi pada satu tempat saja sesuai dengan titik-titik operasi.

“Tempat sasaran prioritas utama operasi patuh ini wilayah hukum kita dan sepanjang jalan trans karena kami anggap paling rawan dan berpotensi kecelakaan,” Kata Muh Ansar Ali kepada awak zonasultra.com, Kamis (23/7/2020).

Untuk personil anggota Lantas yang disiapkan dalam operasi ini sebanyak 17 orang. Operasi sistem hunting, petugas akan melakukan patroli dan menindak langsung di tempat bagi pengendara yang melanggar aturan.

Selama proses operasi patuh anoa, Polres Kolut fokus pada pengguna jalan yang bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Olehnya masyarakat diminta sebelum berkendara terlebih dahulu memeriksa kelengakapan dokumen dan mengecek fasilitas kendaraannya.

“Penindakan itu ada secara lisan, teguran tertulis dan langsung di berikan penindakan tilang sesuai pelanggarannya,” katanya.

Ia berharap dengan operasi tersebut dapat membuat pengendara lebih disiplin berlalulintas di tengah adaptasi kebiasaan baru sehingga bisa mengutamakan keselamatan. Pelaksanaan operasi ini juga dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. (b)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib