iklan zonasultra

SMMPTN UHO Tanpa Tes, Kelulusan Ditentukan Nilai Rapor

UHO Usul 25 Program Studi Baru
Gedung Rektorat UHO

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kini tanpa dilakukan tes.

Wakil Rektor I Bidang Akademik La Hamimu mengatakan jika di tahun-tahun sebelumnya UHO mengadakan tes tertulis untuk penentuan kelulusan SMMPTN, kali ini kampus hijau tersebut akan menentukan kelulusan calon mahasiswa baru (maba) berdasarkan nilai rapor. Sebab, jika universitas menerapkan tes tulis seperti tahun sebelumnya, dikhawatirkan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

“Langkah ini merupakan upaya universitas untuk ikut menekan angka penularan Covid-19. Pasalnya, jika SMMPTN UHO dibuka dengan menerapkan seleksi tertulis, tentu akan terjadi perkumpulan orang banyak di lingkup kampus. Hal itu masih kita hindari saat ini,” ungkapnya di ruangan kerjanya, Jumat (14/8/2020).

Ia melanjutkan, untuk pendaftaran SMMPTN yang akan ditutup pada 25 Agustus mendatang juga berlangsung secara online, yang dapat diakses melalui laman https://spmb.uho.ac.id.

Sementara itu, ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon mahasiswa UHO pada jalur SMMPTN yakni, diharuskan terlebih dahulu membuat akun SMMPTN hingga 20 Agustus, kemudian melakukan pembayaran biaya pendaftaran pada bank BRI senilai Rp150.000 sampai 21 Agustus. Kemudian pengisian portofolio dan pemilihan program studi (prodi) sampai pada 25 Agustus. Selanjutnya verifikasi dan seleksi dari tanggal 25-30, serta pengumuman SMMPTN dilakukan pada 31 Agustus 2020.

“Pada jalur ini, seluruh jurusan yang ada di UHO dibuka. Bahkan, di jalur SNMPTN dan SBMPTN yang sudah berakhir pendaftarannya, menyisakan ada beberapa prodi yang kuotanya belum terpenuhi,” ujarnya.

Untuk diketahui, tahun ini UHO menyiapkan kuota Maba sebanyak 8.760 untuk tiga jalur pendaftaran yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 30 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 40 persen dan SMMPTN dengan besaran kuota 30 persen. (A)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib