Sudah 88 Persen, Jembatan Teluk Kendari Rampung Juli 2020

375
Jembatan Teluk Kendari
Jembatan Teluk Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pembangunan fisik jembatan Bahteramas Teluk Kendari hingga April 2020 telah mencapai 88 persen. Kedua sisi jembatan juga sudah hampir terhubung satu sama lain sehingga diperkirakan jembatan ini akan rampung pada Juli 2020.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Sultra, Ichsan menjelaskan pihaknya terus menggenjot pengerjaan Jembatan Bahteramas. Saat ini pengerjaan bentang utama sudah masuk segmen terakhir dan akan segera terselesaikan.

“Untuk segmen utama itu ada 10 segmen. Saat ini pengerjaan bentang utama sudah masuk tahap pengerjaan akhir. Hitungan untuk bentang utama ada 200 meter, per segmen itu 9 meter. Jadi masing-masing bentang utama sudah akan saling menghubungkan,” beber Ichsan saat dihubungi awak media, Sabtu (4/4/2020).

Saat ini, lanjutnya, masih tersisa dua segmen, yang mana pilon satu dan pilon dua masih tersisa sekira 18 meter serta tambah segmen terakhir untuk penghubungnya sekitar 3 meter. Sehingga pengerjaan bentang utama masih tersisa sekitar 21 meter.

BACA JUGA :  HKTI Sultra Silaturahmi di Pondok Pesantren Shohibul Quran Kendari

(Baca Juga : Jembatan Teluk Kendari Ditargetkan Rampung Tahun 2019)

“Insyaallah kalau lancar, tidak ada masalah di akhir bulan depan sudah nyambung. Tetapi hanya untuk bentang utamanya. Karena masih ada beberapa lagi yang perlu diselesaikan, seperti sisi bagian di Poasia sana itu ada 4 tiang yang harus kita pasang. Dan sampai sekarang baru terpasang dua dan masih tersisa dua,” jelasnya.

Sementara untuk pengerjaan sisi bagian kota lama terhambat pada pembebasan lahan milik warga. Saat ini masih terdapat sekitar empat bidang lahan yang belum dikosongkan. Selain itu, pengerjaan jalan pendekat atau oprita juga terhalang kendala pembebasan lahan.

“Untuk oprit yang di sekitaran kota lama masih harus menimbun sekira 12 meter untuk dua sisi, dan itu terkendala oleh lahan. Ada empat bidang lahan yang sempat bermasalah dan harusnya ini sudah selesai karena pembebasan lahan sebetulnya sudah tuntas. Tetapi masyarakat pengguna lahan belum juga mengosongkan kawasan itu,” katanya.

BACA JUGA :  UMW Kendari Gelar Halal Bihalal untuk Mengukuhkan Silahturahmi Antar Sesama

Meski begitu, ia mengaku optimis proses pengerjaan jembatan Bahteramas Teluk Kendari dapat terselesaikan sesuai dengan kontrak kerja yakni pada Juli 2020.

Pembangunan Jembatan Bahteramas dikerjakan multi years sejak 2015 hingga 2020 dengan total anggaran mencapai Rp802 miliar. Jembatan ini dibangun sepanjang 1,34 kilometer dengan lebar jalan sekira 20 meter dengan empat lajur serta median dan trotoar. Bentang utama atau main span jembatan ini yakni 200 meter, dengan side span 180 meter dan approach span 357,7 meter. (b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini