iklan zonasultra

Sultra Bakal Jadi Pilot Proyek Pemanfaatan RZWP3K

Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding
Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyampaikan presentasi proyek pengembanngan Perikanan dan Sumberdaya Kelautan dengan pemanfaatan Rencana Zonasi Wilayah Pesisiir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K), pada pertemuan Side Event di Kantor Pusat Bank Dunia (World Bank) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (17/10/2019).

Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding, melalui press releasenya kepada awak zonasultra, Senin (21/10/2019). Ia menjelaskan, presentasi itu disampaikan Gubernur Sultra di hadapan lembaga-lembaga donor internasional seperti, IADB, WEF, SIDA, OECD, ADB, Bloomberg, dalam suatu Diskusi Round Table, bertajuk Mobilizing Capital for The Oceans .

“Bahwa terkait dengan diundangnya pak Gubernur secara khusus, itu untuk melakukan presentasi di forum ini. Karena Sultra akan dijadikan pilot proyek pengembanngan Perikanan dan Sumberdaya Kelautan dengan pemanfaatan RZWP3K,” tulis Sukanto yang juga turut dalam rombongan Gubernur Ali Mazi di AS.

iklan zonasultra

Baca Juga : Perda RZWP3K, Panduan untuk Pengelolaan Kawasan Perairan Sultra

Pemanfataan RZWP3K nantinya, lanjut Sukanto, bakal memberikan akses yang seluas-luasnya kepada nelayan-nelayan kecil (small scale fishermen). Melalui dukungan kemitraan pendanaan dari berbagai sumber pendanaan yang dikenal dengan istilah Bauran Pendanaan (Blended Finance).

“Menurut Presiden RARE, Brett Jenks dipilihnya Sultra sebagai Pilot Project agenda RARE. Karena disamping potensi sumberdaya perikanan dan kelautan, Sultra yang masih kaya, asli dan luas, juga karena respon positif yang baik dari Pemda Sultra. Utamanya dukungan moril dan perhatian serius dari Gubernur Ali Mazi pada program ini,” tutupnya. (b)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib