iklan zonasultra

iklan zonasultra

Survei Indo Barometer di Baubau, Posisi Asrun-Hugua Paling Buncit

Survei Indo Barometer di Baubau, Posisi Asrun-Hugua Paling Buncit
INDO BAROMETER - Lembaga Survei Indo Barometer baru saja mengumumkan hasil surveinya terhadap tiga pasangan calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). (CR3/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Lembaga Survei Indo Barometer baru saja mengumumkan hasil surveinya terhadap tiga pasangan calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Khusus di Kota Baubau, pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Asrun-Hugua dinyatakan kalah telak dengan persentase survey sebesar 3,0 persen.

Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli memaparkan, paslon Gubernur Sultra nomor urut satu, Ali Mazi-Lukman Abunawas khusus di Kota Baubau menduduki poin tertinggi dengan persentase sebesar 84,4 persen. Sementara paslon nomor urut tiga, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar menduduki urutan kedua dengan persentase hasil survey sebesar 10,6 persen.

“Ali Mazi-Lukman Abunawas unggul di Kota Baubau dengan persentase sebesar 84,4 persen. Posisi kedua ditempati nomor urut tiga, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar dengan persentase hasil survey sebesar 10,6 persen. Sementara pasangan calon nomor urut 2, Asrun-Hugua berada di posisi terakhir dengan raihan 3,0 persen,” ungkap Hadi Suprapto Rusli, dalam rilisnya di salah satu hotel di Kota Baubau, Minggu (17/6/2018),

Dikatakan, hasil survey tersebut diambil dari sampel survey di Kota Baubau dengan jumlah responden 404 orang yang tersebar di delapan kecamatan. Survei tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-7 Juni 2018.

“Metode yang kami gunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 4,87 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Teknik pengumpulan data yang kami gunakan yakni wawancara tatap muka dengan kuisioner,” tambahnya.

Hadi Suprapto Rusli
Hadi Suprapto Rusli

Hadi Suprapto menjelaskan, dalam kategori nama calon gubernur yang paling dikenal di Kota Baubau, Ali Mazi juga menduduki poin paling teratas dengan persentase mencapai 100 persen, kemudian disusul Asrun sebesar 78,7 persen dan terakhir Rusda Mahmud 76,5 persen.

“Sementara untuk wakil gubernur, LM Sjafei Kahar menempati posisi teratas dengan persentase 91,6 persen menyusul Lukman Abunawas 88,4 persen dan terakhir Hugua 84,9 persen,” jelasnya.

Untuk tingkat kesukaan, Lanjut dia, Ali Mazi paling banyak disukai menjadi Gubernur Sultra dengan persentase sebesar 95,0 persen, menyusul Rusda Mahmud 55,7 persen dan terakhir Asrun 27,0 persen. Sementara untuk wakil gubernur yang paling disukai yakni LM Sjafei Kahar dengan persentase 84,9 persen dibayangi Lukman Abunawas 82,4 persen dan terakhir Hugua 74,1 persen.

“Tentu ini menjadi catatan bagi pasangan calon lain untuk membuat strategi baru. Sebab, persentase Ali Mazi-Lukman Abunawas sebesar 84,4 persen akan sulit bagi paslon lain untuk mengejar,” tandasnya. (B)

 


Reporter: CR3
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib