iklan zonasultra

Survei Pilkada Konsel: Surunuddin – Rasyid Ungguli Dua Penantangnya

Majunya Endang Jadi Alasan Surunuddin
Surunuddin Dangga - Rasyid

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hasil survei Parameter Publik Indonesia (PPI) menyatakan pasangan calon kepala daerah Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin Dangga – Rasyid (Suara) memiliki elektabilitas 56,4 persen. Unggul jauh dibanding dua penantangnya.

Pasangan calon lainnya yakni Muhammad Endang – Wahyu Ade Pratama Imran (Ewako) sebesar 16,5 persen. Disusul pasangan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae (RAG-SS) sebesar 11, 3 persen. Sementara pemilih yang belum memutuskan 15,8 persen.

Direktur PPI Ras MD mengatakan, survei dilakukan 17-22 November 2020. Ada 1.000 responden yang dilibatkan.

“Margin of erornya 3,16 persen dengan tingkat kepercayaan di atas 95 persen,” ujar Ras MD saat memaparkan hasil survei PPI di hadapan awak media di salah satu hotel di Kendari, Kamis (26/11/2020).

Ras bilang keunggulan pasangan Suara datang dari semua segmen pemilih. Selain itu, sebaran dukungan pasangan Suara merata di semua segmen pemilih, baik dukungan berdasarkan gender, profesi hingga segmen pendidikan.

Kemudian berdasarkan tren elektabilitas pada satu bulan terakhir, elektabilitas pasangan Suara juga terus naik. Begitu pun dengan pasangan Ewako dan RAG-SS.

Pada Oktober lalu, elektabilitas pasangan Suara sebesar 52,90 persen. Naik sebesar 3,50 persen pada November.

Sementara pasangan Ewako mengalami kenaikan sebesar 4,00 persen. Di mana pada Oktober elektabilitasnya sebesar 12,50 persen, naik menjadi 16,50 persen pada November. Sedangkan pasangan RAG-SS hanya naik 1,80 persen, dari 9,50 persen pada Oktober menjadi 11,30 persen pada November.

Ras menjelaskan ada lima alasan pasangan petahana unggul jauh dari dua penantangnya. Pertama persepsi kepuasan dan keberhasilan Surunuddin di atas 75 persen.

Kedua pasangan Suara dipersepsi lebih berpengalaman dalam pemerintahan dengan hasil survei 52,10 persen, pasangan Ewako 8,10 persen dan pasangan RAG-SS 5,80 persen, serta 34,00 persen responden tidak tahu/tidak menjawab.

Alasan ketiga, pasangan Suara paling bisa dipercaya membawa kemajuan dengan 53,90 persen, pasangan RAG-SS 14,50 persen dan pasangan Ewako 11,50 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 20,10 persen.

Alasan keempat, pasangan Suara paling berprestasi 56,70 persen, pasangan Ewako 9,60 persen, pasangan RAG-SS 7,60 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 26,10 persen.

Kemudian alasan kelima, 55,80 persen tingkat menginginkan kembali Surunuddin Dangga menjabat sebagai Bupati Konsel, tidak menginginkan 19,50 persen dan 24,70 persen tidak tahu/tidak jawab.

Diketahui pasangan Surunuddin – Rasyid maju di Pilkada Konsel diusung oleh lima partai politik yakni Partai Golkar, NasDem, PKS, PKB, dan PBB. Pasangan Muhammad Endang – Wahyu Ade Pratama Imran diusung Partai Demokrat, PAN, dan Gerindra. Sementara pasangan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae diusung PDIP, Hanura, dan PPP. (b)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib