iklan zonasultra

Tahun Ini 20 SMP di Konut Laksanakan UNBK

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut Lapeha
Lapeha

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Tahun ini sebanyak 20 sekolah tingkat menengah pertama (SMP) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya ada satu sekolah saja.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konut Lapeha mengatakan, meningkatnya sekolah pelaksana UNBK ini tak lepas dari peran pimpinan daerah dalam memajukan dunia pendidikan agar lebih baik. Serta mencari solusi masalah-masalah yang dihadapi tiap sekolah untuk menggelar UNBK, seperti lokasi dan jaringan internet.

Di wilayah Bumi Oheo, UNBK 20 sekolah tersebut akan dipusatkan di tujuh titik, yakni SMPN 1 Lembo, SMPN 1 Sawa, SMPN 1 Lasolo, SMPN 1 Molawe, SMPN 1 Andowia, Madrasah Tsanawiah Konut di Desa Kokapi, dan SMPN 2 Asera. UNBK akan dilaksanakan pada 22 – 25 April 2019.

iklan zonasultra

“Ini baru tahun kedua dilaksanakan UNBK SMP di Konut. Tahun 2018 cuma 1 sekolah di SMPN 1 Lasolo, yang lainnya manual, 2019 ini sudah 20 sekolah. Kalau dipersentasekan sudah 53 persen,” kata mantan Sekdis Dikbud Konut ini di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2019).

Dia menambahkan, tercatat ada 1.392 siswa SMP yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Para siswa ini tersebar di 38 sekolah, termasuk satu MTs. Dari 38 sekolah itu, 20 di antaranya sudah melaksanakan UNBK dan sisanya masih manual.

“Ini kita upayakan tiap tahun meningkat agar ke depannya semua sekolah sudah sistem UNBK. Berkas ujian sudah siap semua, panitia yang dibentuk juga sudah siap, simulasi tuntas kami lakukan. Kalau fasilitasnya seperti komputer, sebagian dari pemerintah, lainnya dari sekolah. Insyaallah semua berjalan lancar,” ucapnya. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib