Tahun Ini Seluruh SMP di Kota Kendari Laksanakan UNBK

Ketua Panitia UNBK Kota Kendari Makmur Tote
Makmur Tote

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seluruh sekolah tingkat menengah pertama (SMP) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

Ketua Panitia UNBK Kota Kendari Makmur Tote mengatakan, secara umum terkait persiapan ujian nasional, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah melalui rapat koordinasi dengan sekolah, baik SMP maupun MTs bersama kepala dinas dikmudora dan kepala kantor wilayah kementerian agama setempat.

“Alhamdulillah hasil dari pertemuan itu menghasilkan kesepakatan bahwa dari 55 penyelenggara ujian nasional, 53 satuan pendidikan baik SMP maupun MTs menyelenggarakan UNBK. Di mana SMP 40 dan MTs 13 sekolah penyelenggara UNBK,” ujar Makmur , Selasa (6/2/2018).

Ia menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan pelaksana UNBK tahun ini minimal 70 persen. Namun, Kota Kendari dengan melihat persiapan yang ada sekarang ini telah mencapai 96,36 persen.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra dan Dinas Dikmudora Kendari untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK nantinya.

“Antar sekolah juga melakukan MoU misalnya SMPN 2 Kendari MoU dengan SMAN 9 Kendari sehingga pas ujian SMPN 2 Kendari bisa memakai komputer SMAN 9 Kendari begitupun sebaliknya, dan sebagian besar sekolah melakukan itu,” tuturnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan UNBK ini tidak ada pemaksaan, tetapi pihaknya melakukan sosialisasi kepada satuan pendidikan dan mengintruksikan kesiapan melaksanakan UNBK dan satuan pendidikan yang ditunjuk siap melaksanakan.

“Kita tidak ada pemaksaan, seumpamanya sekolah menyatakan tidak dapat menyelenggarakan UNBK maka kita tidak berhak untuk menyuruh untuk melakukan UNBK,” tutupnya. (B)

 


Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib