iklan zonasultra

Tambah Dua Kasus, Jumlah Pasien Positif Corona di Kolaka Jadi 12 Orang

826 Rapid Test Didistribusikan ke Kabupaten dan Kota di Sultra
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pasien positif corona (Covid-19) di Kabupaten Kolaka bertambah dua kasus baru. Dengan adanya penambahan tersebut, jumlah kasus positif Covid-19 menjadi 12 orang hari ini, Sabtu (27/6/2020).

Total kasus itu terdiri dari empat orang dinyatakan sembuh, tujuh orang menjalani perawatan di Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) dan satu orang di ruangan isolasi Rumah Sakit Benyamin Guluh.

Iklan Zonasultra

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr Muhammad Aris menjelaskan tambahan dua positif baru ini yakni laki-laki 16 tahun dan perempuan 60 tahun. Keduanya beralamat di Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka.

Pasien laki-laki terkonfirmasi positif ditemukan secara sporadis pada saat dilakukan screening rapid yang menunjukkan hasil reaktif. Dengan hasil reaktif tersebut, tim gugus tugas kemudian melakukan pengambilan swab.

Sementara itu, perempuan positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Benyamin Guluh karena penyakit jantung, batuk, dan demam. Karena menunjukkan gejala, pasien lalu melakukan rapid test dan pengambilan swab.

“Kedua orang ini belum diketahui klasternya secara pasti. Karena ditemukan secara sporadis,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Sabtu (27/6/2020).

Saat ini pemerintah daerah setempat tengah bersiap menuju era new normal atau adaptasi kenormalan baru. Namun, untuk menuju new normal tersebut, perlu partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan.

Untuk itu pemerintah terus mengimbau masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan, sehingga bisa tetap menjaga jarak fisik dan sosial. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib