iklan zonasultra

Tampil Manis Rotasi 26 Pejabat Eselon Lingkup Pemkot Baubau

Tampil Manis Rotasi 26 Pejabat Eselon Lingkup Pemkot Baubau
MUTASI PEJABAT - Sebanyak 26 pejabat lingkup pemerintah kota (Pemkot) Baubau kembali dimutasi. Pengambilah sumpah jabatan itu dilaksanakan di kantor Wali Kota Baubau, Senin (18 /3/2019) pagi tadi. (M2/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Sebanyak 26 pejabat lingkup pemerintah kota (Pemkot) Baubau kembali dimutasi. Pengambilah sumpah jabatan itu dilaksanakan di kantor Wali Kota Baubau, Senin (18 /3/2019) pagi tadi.

Pergeseran jabatan ini merupakan perubahan kabinet perdana sejak AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, pada 24 September 2018 lalu. Pasangan yang mengusung akronim Tampil Manis ini tercatat mengocok ulang 16 jabatan dari eselon II, enam jabatan dari esolon III dan empat jabatan dari eselon IV.

Beberapa pejabat eselon II yang dimutasi itu antara lain Rahmat Tuta yang sebelumnya menjabat Kasat Pol PP Kota Baubau kini menjabat Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra menggantikan La Ode Aswad. La Ode Aswad sendiri kini bergeser menjadi Kepala Bappeda Kota Baubau.

iklan zonasultra

Selanjutnya Muh. Salim, kini menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, sebelumnya menjabat Staf Ahli Wali Kota. Lalu Dr. Wahyu menjabat Kadis Kesehatan yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Wali Kota.

Kemudian dr. H. Edy Natsir yang sebelumnya menjabat Kadis Kesehatan bergeser menjadi Kadis Pengendalian Kependudukan dan KB. Berikutnya, Sadarman yang sebelumnya Kadis Pengendalian Kependudukan dan KB, kini menjabat Kadis Komunikasi dan Informatika menggantikan Idrus Taufik Saidi.

Idrus Taufik Saidi sendiri bergeser menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau. Lalu H. Sumarto Lanae kini menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang sebelumnya Staf Ahli Wali Kota.

Berikutnya Muh. Amsir Afie yang sebelumnya menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan, kini pindah menjadi Staf Ahli Wali Kota. Selanjutnya, Armin menjabat Kadis Penanaman Modal dan PTSP yang sebelumnya menjabat Asisten Administrasi Umum.

Abdul Karim kini tercatat menjabat Kadis Pendidikan dan Kebudayaan yang sebelumnya Kadis Perizinan dan KTSP. Lalu Abdul Rajab menjabat Kadis Sosial yang sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Terkahir Wa Radja yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD Baubau kini menahkodai Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Di level eselon III/a terdapat enam kursi pejabat yang ikut dirotasi, diantaranya jabatan Sekretaris Dinas Pariwisata yang sebelumnya diduduki Ibnu Wahid, kini dijabat Muh. Abduh, yang sebelumnya menjabat Kabag Administrasi Pembangunan Setda. Ibnu Wahid kini menduduki jabatan kabag admniistrasi pembangunan Setda.

La Saeli, SE., M.Si menjabat Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan yang sebelumnya Kabag Keuangan Setda. Sahiruddin, S.Pd., M.Si menjabat Kabag Keuangan, sebelumnya pelaksana di BKPSDM. Kasman, S.Pd., M.Si menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sebelumnya Kabid Pembinaan SD Dikbud.

Pada level eselon III/b terdapat nama Wa Annas Rezkiah, SH menjabat Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sebelumnya Kasi Perkawinan dan Perceraian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sementara pada level eselon IV juga mengalami pergeseran masing-masing, Wa Ode Suman Haris menjabat Kasi Pengelolaan sistem Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip (sebelumnya Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Dikbud), Wa Ode Ruzaenah, SE., M.Si menjabat Kasi Mutasi BKPSDM, sebelumnya pelaksana di BKPSDM.

Mahrani Dwi Hamdani, ST menjabat Kasi Pemerintahan Kel. Lanto, sebelumnya Kasi Trantib Kel. Wajo. Muliani, A.Md menjabat Kasi Trantib Kel. Wajo yang sebelumnya pelaksana di Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Wali Kota Baubau, Dr. H.AS. Tamrin dalam sambutannya mengatakan, mutasi merupakan salah satu bentuk penyegaran dalam pemerintahan. Tentunya, rotasi dilakukan disesuaikan dengan evaluasi hasil kinerja pejabat yang bersangkutan.

Orang nomor satu di Baubau ini mengaku, rotasi jabatan yang dilakukan sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Sebelum rotasi dilakukan, pihaknya telah mengantongi izin dari Kemendagri.

“Ini semua dilakukan sebagai reward and punishmen. Tapi apapun itu, saya harap semua ASN tetap semangat dan menjunjung loyalitas serta bekerja keras untuk terus menciptakan inovasi demi pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah,” katanya.

Ia menambahkan, pergeseran pejabat lingkup Kota Baubau telah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Olehnya, rotasi yang dilakukan hari ini sudah sesuai aturan yang berlaku.

“Sudah sesuai aturan. Kan sebelum kita lakukan rotasi harus ada persetujuan dari KASN dan Mendagri. Semua itu sudah kita kantongi kok,” katanya.

Dengan adanya beberapa rotasi tersebut tercatat pula ada beberapa dinas yang mengalami kekosongan. Salah satunya Sekretaris DPRD Kota Baubau dan staf ahli Wali Kota Baubau. (a)

 


Penulis : M2
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib