iklan zonasultra

iklan zonasultra

Terkendala Jaringan, UNBK SMAN 1 Barangka Mubar Molor 4 Jam

Terkendala Jaringan, UNBK SMAN 1 Barangka Mubar Molor 4 Jam
PELAKSANAAN UNBK - Siswa SMAN 1 Barangka, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat saat menunggu ujian sesi pertama. UNBK sesi pertama SMA Barangka molor hingga 4 jam karena kendala jaringan dan ujian sesi pertama dilaksanakan sekitar pukul 12.00 Wita. (Laode Pialo/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Barangka Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) molor hingga 4 jam lebih dari jadwal yang ditetapkan karena terkendala jaringan saat akan login.

Kepala SMAN 1 Barangka La Ose mengungkapkan, berdasarkan jadwal yang ditetapkan, UNBK sesi pertama dimulai pukul 07.20 Wita, namun karena kendala jaringan sehingga ujian sesi pertama baru dimulai pukul 12.00 Wita.

“Masalah ini bukan dari kami tapi dari pusat langsung. Memang kita terkendala jaringan, namun itu hanya pada waktu tertentu,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Senin (9/4/2018).

La Ose menambahkan, kondisi ini di luar pemikiran karena pada saat melakukan simulasi UNBK kondisi jaringan tidak bermasalah.

“Tadi pagi jaringan susah. Jadi kita ambil inisiatif untuk mencari jaringan di tempat lain yang dekat dengan tower di Kecamatan Lawa dan alhamdulillah jam 11.00 tadi server kami bisa terhubung di pusat,” terangnya.

La Ose juga mengakui bahwa kondisi jaringan internet di sekolahnya sangat memprihatinkan. Pasalnya, hanya ada satu titik dan itu yang dimanfaatkan untuk pelaksanaan UNBK.

“Di sini hanya satu titik makanya biar masyarakat sekitar kita sampaikan untuk tidak mengaktifkan paket internet jika masih proses UNBK. Kalau pemakai jaringan banyak otomatis proses UNBK terhambat,” pungkasnya.

UNBK di SMAN 1 Barangka diikuti 136 siswa. Proses UNBK di bagi tiga sesi. Sesi pertama dan kedua masing-masing 46 orang dan sesi ketiga 44 orang. (B)

 


Reporter: Laode Pialo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib