Tiga Sektor Ini Jadi Prioritas APBD Konut di 2018

293
Tiga Sektor Ini Jadi Prioritas APBD Konut di 2018
DISKUSI - Bupati Ruksamin, Wakil Bupati Raup dan Sekda Martaya saat diskusi bersama awak media Zonasultra.com diposko Pemkab Konawe Utara pada festival konasara bertempat di wisata Taipa Desa Taipa Kecamatan Lembo, Jumat (5/1/2018) kemarin.(MURTAIDIN/ZONASULTRA.COM).

Tiga Sektor Ini Jadi Prioritas APBD Konut di 2018DISKUSI – Bupati Ruksamin, Wakil Bupati Raup dan Sekda Martaya saat diskusi bersama awak media Zonasultra.com diposko Pemkab Konawe Utara pada festival konasara bertempat di wisata Taipa Desa Taipa Kecamatan Lembo, Jumat (5/1/2018) kemarin.(MURTAIDIN/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara (Konut) menyebutkan dalam rangka menggenjot pembangunan di wilayahnya, pemerintah setempat akan memprioritaskan tiga sektor pembangunan. Sektor tersebut yakni pendidikan, kesehatan dan infrastruktur . Ketiga sektor ini sekaligus juga akan mendapatkan porsi anggaran terbesar dari APBD di tahun 2018 yang totalnya mencapai Rp748 miliar.

“Pertama pendidikan minimal 20 persen, kesehatan, infrastruktur, pertanian kemudian pariwisata,” kata Ruksamin kepada sejumlah awak media yang ditemui di Desa Lembo Taipa.

BACA JUGA :  Petugas SPBU Wanggudu Raya Kedapatan Isi Pertalite ke Jeriken dalam Mobil

Mantan Ketua DPRD Konut ini menjelaskan, selain tiga sektor tersebut, ditahun 2018 pihaknya berencana menurunkan menurunkan angka kemiskinan dan angka pengangguran.

“Semua tetap, karena ini saling menopang antara pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Wakil Bupati Raup. Menurut Ketua DPD PAN Konut ini mengatakan, merujuk pada rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) pada sektor infrastruktur seperti pengaspalan dan peningkatan jalan-jalan menjadi kerja prioritas yang akan dilakukan di 2018.

BACA JUGA :  KPU Konut Buka Pendaftaran Badan Adhoc, Ini Syaratnya

Kata Raup, pada sektor pertanian pembangunan infrastruktur akan di kerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum setempat. Mengingat pelaksanaan APBD berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Pertanian itu tidak seperti dulu jalan sendiri, kalau pertanian sekarang ada PU masuk. Dulu irigasi dikerja oleh pertanian sendiri, sekarang ada PU. Karena infrastrukturnya dari PU yang mendukung, makanya mereka saling menopang satu sama lainnya,” tambah Raup.

Dia menambahkan, untuk program pembangunan APBD 2018 ini akan dilaksanakan secara merata di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe Utara. (C)

 

Reporter : Murtaidin Mumu
Editor : Tahir Ose

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini