Tiga Siswa MAN 1 Kolaka Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Tiga Siswa MAN 1 Kolaka Catat Prestasi di Tingkat Nasional
CATAT PRESTASI - Muhammad Ramadhan Yanto dan Guru Pendamping, Juliadi usai menerima piala (Sumber sultra.kemenag.go.id)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Tiga siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka baru saja mencatatkan prestasinya di ajang lomba tingkat nasional. Mereka adalah Nabila Salsa Billa dan Khumaerah siswi kelas XI IPA 2, serta Muhammad Ramadhan Yanto siswa kelas X Agama 1 MAN 1 Kolaka.

Dilansir dari sultra.kemenag.go.id, Nabila dan Khumaerah meraih juara III pada even yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Tehnik Bionergi dan Kemurgi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 6 April 2019 lalu.

Mereka berhasil meraih prestasi itu, usai bersaing dengan SMAN 5 Denpasar (Juara I) dan SMA Al Hikmah Surabaya (Juara II) dan beberapa sekolah unggulan terbaik di Indonesia di babak final dalam even yang bertemakan Seminar Chemurgy Innovation Summit 2019.

Tiga Siswa MAN 1 Kolaka Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Guru Pembimbing, Rasna menjelaskan, keduanya siswanya berhasil meraih prestasi setelah memaparkan karya ilmiah yang berjudul “RE-USAP” Rice Husk Soap sebagai upaya manifest dalam meningkatkan nilai guna limbah sekam padi. Kata dia, Nabila dan Khumaerah merupakan siswi hasil seleksi evaluasi abstrak peserta lomba karya tulis ilmiah tahun 2019 yang keseluruhannya berjumlah 10 siswa dari seluruh Indonesia.

Sementara, Muhammad Ramadhan Yanto mencatutkan namanya di kancah nasional dengan meraih medali perak (Juara II) dalam event Photography Design Video Competition 2019 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang pada 7 April 2019 lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tehnik UNES ini, diikuti sedikitnya 100 orang peserta dari berbagai kalangan dan tingkat pendidikan di Indonesia. Ramadhan berhasil menjadi finalis dalam even tersebut setelah menyingkirkan beberapa peserta di babak penyisihan.

Guru pendamping sekaligus pembimbing, Juliadi menjelaskan mengangkat judul Kesenjangan Sosial dibidang Fotografer, siswanya berhasil meraih medali perak setelah berjuang menghadapi para pesaingnya dari Universitas Negeri Semarang dan sekolah favorit yang ada di seluruh Indonesia.

Kata dia, dari 7 orang finalis yang masuk di babak final, MAN 1 Kolaka berhasil keluar sebagai Juara II, sedangkan peserta dari Universitas Negeri Semarang (Juara I) dan SMK Bagimu Negeri Kota Semarang (Juara III). Even yang dilaksanakan salah satu universitas terfavorit di Kota semarang ini, memperlombakan 3 kategori yakni, Lomba Poster, Lomba Fotografer, Lomba Video.

Kepala MAN 1 Kolaka, Ansani menyampaikan kebanggaan atas capaian prestasi siswa-siswi MAN 1 Kolaka. Menurutnya, pencapaian ini adalah berkah yang positif sehingga bisa mengharumkan nama sekolahnya.

Walaupun hanya mampu meraih juara II dan juara III pada even nasional ini, pihaknya sudah merasa puas, karena MAN 1 Kolaka bisa dikenal dan berprestasi di Pulau Jawa yang notabene perkembangan sekolah di kota besar lebih baik dibandingkan di Kolaka.

“Kita akan meningkatkan kualitas serta kuantitas dari siswa-siswi MAN 1 Kolaka agar kita bisa menjadi yang terbaik ke depan,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib