iklan zonasultra

Tim Dayung Sultra Optimis Raih Medali POPNAS

Tim Dayung Sultra Optimis Raih Medali POPNAS
SESI LATIHAN - Para atlet dayung usai melakukan latihan persiapan POPNAS ke-25 di Jakarta, di teluk Kendari, Rabu (30/10/2019). (Amal Buchari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tim dayung perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) optimis dapat meraih medali pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-25 di Jakarta. Tiga nomor yang diikuti yakni nomor rowing, kayak, dan canoe. Hal ini disampaikan tiap-tiap pelatih dayung saat ditemui di asrama dayung, Rabu (30/10/2019).

Total atlet yang diikutkan ke POPNAS ke-25 Jakarta hanya 15 atlet, padahal kuota atlet dayung yang ditetapkan tiap provinsi 20 atlet. Hal ini diakibatkan keterlambatan dalam pendaftaran atlet dayung. 15 atlet terbagi di nomor rowing 4 putra 2 putri, kayak 3 putra 3 putri, dan canoe 3 putra.

Pelatih nomor rowing, Ratna mengatakan sejauh ini persiapan sudah sampai pada tahap pematangan segi fisik, teknik, mental, serta taktik. Untuk nomor rowing akan lebih dulu tiba di jakarta tanggal 15 November mendatang, sebab tanggal 17-19 November pertandingan nomor rowing akan dilaksanakan.

iklan zonasultra

“Kalau untuk di rowing khususnya kalau untuk target-target lawan berat ada Jabar, DKI Jakarta, Papua, Maluku. Tetapi kami optimis,” ungkap Ratna yang juga mantan atlet dayung.

(Baca Juga : Empat Atlet Dayung Sultra Terangkat Jadi PNS Kemenpora)

Sementara pelatih nomor canoe, Alwin menjelaskan dengan materi atlet yang dipunyai Ia optimis dapat meraih medali. Nantinya nomor kayak dan canoe akan berangkat ke Jakarta 21 November. Meskipun latihan di laut yang cenderung masanya ringan ketimbang di air tawar, maka dari itu Alwin menyesuaikan dengan menu latihan dengan resistensi yang pada medan aslinya di air tawar.

“Sama dengan situasi di laut kita harus kalau namanya di danau itu harus tertutup, jadi kita memakai pada waktu teduh. Kalau pun berangin asal jangan bergelombang, sama kalau di danau itu jarang bergelombang,” Jelas Alwin, mencoba menggambarkan kondisi air antara laut dan danau.

Untuk di POPNAS ke-25 Jakarta akan dikirim tiga kontingen cabang olahraga (Cabor) yakni dayung, sepak takraw, dan silat. Dayung dengan 15 atlet, silat 3 atlet, dan takraw 7 atlet. Perlu diketahui 25 hari pasca POPNAS akan ada Pra PON. (B)

 


Penulis : M3
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib