iklan zonasultra

Tim Gabungan Basarnas Fokus di Dua Posko Pendakian Gunung Mekongga

15 Pendaki Tersesat di Gunung Mekongga
TERSESAT - Sebanyak 15 orang dari sejumlah Komunitas Pencinta Alam dikabarkan tersesat di Gunung Mekongga, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (29/4/2019). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hingga hari kedua, Badan Search And Rescue (Basarnas) Kendari, terus berupaya melakukan evakuasi terhadap 12 orang pendaki yang masih berada di Gunung Mekongga, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (30/4/2019).

Kepala Basarnas Kendari, Djunaedi menjelaskan, di hari kedua proses evakuasi pihaknya fokus pada posko dua posko pendakian, yakni posko 4 hingga posko 8.

“Tim menyisir jalur pendakian menuju puncak gunung Mekongga. Tim dua yang diberangkatkan semalam dari Kendari, dipimpin langsung oleh Kasubsi Ops Basarnas Kendari juga sudah tiba dan bergabung denga tim yang sudah lebih dahulu tiba dilokasi,” terangnya.

iklan zonasultra

(Baca Juga : 15 Pendaki Tersesat di Gunung Mekongga)

Untuk memaksimalkan proses evakuasi, lanjutnya, keseluruhan jumlah personil yang terlibat dalam proses evakuasi itu sebanyak 88 orang yang terdiri dari Basarnas Kendari, BPBD Kolut, TNI/ Polri, komunitas pecinta alam dan masyarakat setempat.

“Sesuai rencana akan diupayakan hari ini juga tim sudah bisa menemukan keseluruhan korban, untuk segera dievakuasi turun ke bawah. Mengingat cuaca yang kurang bersahabat dilokasi saat ini, tapi kita masih terus mencari,” tutupnya.

Sebelumnya, salah seorang pendaki Gunung Mekonga, bernama Cindy (18) dikabarkan mengalami hipotermia. Cindy diketahui terserang hipotermia akibat hujan yang mengguyur Gunung Mekongga beberapa hari terakhir.

Cindy mendaki bersama 14 orang rekannya, yang tergabung dalam tujuh lembaga pecinta alam lintas universitas. Mereka mulai mendaki pada 23 April lalu dengan misi ekspedisi Gunung Mekongga. Rencananya, mereka akan menyelesaikan misinya pada 30 April nanti. Dari ke 15 pendaki itu, 3 orang lainnya memutuskan untuk turun gunung meminta bantuan. (b)

Adapun nama-nama korban yang masih dalam pencarian yakni:

  1. Sarifa/Perempuan/18 tahun
  2. Ahmad Mambulo/laki-laki/23 tahun
  3. Asep Sunardi/laki-laki/23tahun
  4. Irfan/laki/24 tahun
  5. Cindy/perempuan/18 tahun (hypothermia)
  6. Samsul/laki-laki/22 tahun
  7. Gunawan/laki-laki/23 tahun
  8. David/laki-laki/27 tahun
  9. Arul/laki/-laki19 tahun
  10. Kharisma/laki-laki
  11. Riska/perempuan/19 tahun
  12. Mahmudin/laki-laki/19 tahun

Sementara 3 orang yang turun melapor yakni:

  1. Nasrun/laki-laki/28 tahun
  2. Aswanto/laki-laki/21 tahun
  3. Iswan/laki-laki/20 tahun

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib