iklan zonasultra

Tinggi Gelombang Laut hingga 4 Meter Berpotensi di Laut Wakatobi

ombak, gelombang tinggi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini potensi tinggi gelombang laut di Perairan Wakatobi dari 2,5 hingga 4 meter.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Adi Istiyono mengatakan, potensi tingginya gelombang ini terjadi mulai tanggal 5 hingga 8 Juni 2020.

Iklan Zonasultra

Untuk tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter berstatus bahaya di sejumlah perairan selain Wakatobi yakni Manui-Kendari dan Laut Banda. Tak hanya itu, tinggi gelombang kategori waspada 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Banggai, Teluk Tolo dan Baubau.

Secara historis kata Adi melalui siaran persnya, Jumat (5/6/2020) bulan Mei, Juni dan Juli hingga Agustus pada saat angin timur tenggara gelombang memang selalu tinggi di Perairan Baubau dan Wakatobi.

BMKG menyampaikan kondisi ini bisa menjadi perhatian atas risiko tinggi keselamatan pelayaran, di antaranya perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Selanjutnya, kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal feri kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau tetap selalu waspada dengan kondisi tersebut. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib