iklan zonasultra

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dikmudora Kendari Bakal Lakukan Penyegaran Guru

Kepala Dikmudora Kendari, Sartini Sarita
Sartini Sarita

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal melakukan penyegaran guru di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Langkah ini diyakini mampu meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kendari.

Kepala Dikmudora Kota Kendari Sartini Sarita mengungkapkan, ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Kota Kendari. Dalam penyegaran tersebut, para guru nantinya akan dirolling sehingga tidak hanya bisa mengajar di satu sekolah saja. Untuk lama waktu penyegaran sendiri masih akan dibicarakan.

Menurut Sarita, penyegaran ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi para guru, sehingga tidak ada lagi guru yang menetap lama di satuan pendidikan atau sekolah tempat guru tersebut mengajar.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Masih Tertinggal, Provinsi Sultra Berupaya Tingkatkan Mutu Pendidikan)

“Penyegaran ini kami lakukan di satuan pendidikan antarkecamatan. Kecuali, ada pertimbangan-pertimbangan hal tertentu yang tidak memungkinkan untuk dilakukan penyegaran,” ujar Sartini di ruang kerjanya, Kamis (20/6/2019).

Sartini menjelaskan, untuk jenjang SMP sederajat di Kota Kendari penyegaran akan dilakukan per mata pelajaran, tergantung kebutuhan satuan pendidikan.

“Terkait jumlah guru yang akan dilakukan penyegaran, kami belum bisa memastikannya. Makanya, saat ini kami akan berkoordinasi dengan para pengawas di tiap-tiap satuan pendidikan. Sebab, pengawas lebih tahu secara pasti satuan pendidikan mana yang berlebihan guru dan yang kekurangan,” jelasnya.

Penyegaran ini akan dilakukan sesegera mungkin, sebelum memasuki tahun ajaran baru, tepatnya 1 Juli 2019. Diharapkan, penyegaran dan pemetaan ini bisa meningkatkan motivasi guru, menuju mutu pendidikan yang lebih baik. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib