Honda

Trafik Paket Data Telkomsel di Sultra Diprediksi Meningkat

Trafik Paket Data Telkomsel di Sultra Diprediksi Meningkat
TELKOMSEL PAMASUKA- Foto bersama Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka Ronny Arnaz, Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka, Samuel Pasaribu, Vice President Sales and Marketing Telkomsel Area Pamasuka Herry Setiawan dan Vice President Business Support Telkomsel Area Pamasuka Ari Besar Pribumi saat konferensi pers kesiapan Telkomsel Pamasuka menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 2019, Kamis (15/5/2019). (DOKUMENTASI TELKOMSEL).

ZONASULTRA.COM,KENDARI– PT Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) memprediksi terjadi lonjakan trafik penggunaan layanan data tahun 2019 ini.

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz mengatakan, pada Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka memperkirakan terjadi lonjakan sebesar 14 persen dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60 persen jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu.

Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun pelanggan saat ini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

iklan zonasultra

Kemudian pelanggan juga banyak memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi seperti direktori kuliner, hotel, tempat wisata dan beragam aktivitas sosial media yang tidak terbatas pada waktu dan tempat, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

(Baca Juga : Telkomsel Bangun 10.000 BTS untuk Pelayanan Ramadan dan Idul Fitri)

Selain itu, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar 2 persen dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar 25 persen dibanding hari normal.

“Periode RAFI tahun ini menjadi momentum yang istimewa bagi Telkomsel, karena bersamaan periode ini Telkomsel genap berusia 24 tahun. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan setia terhadap Telkomsel selama 24 tahun ini,” ungkapnya.

Khusus di Sultra, lonjakan trafik layanan data meningkat sebesar 5 persen dibandingkan hari normal dan 70 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Sedangkan trafik layanan suara diperkirakan naik sekitar 5 persen dibanding hari normal.

Manager Network Telkomsel Kendari LM Ramadhan menjelaskan trafik layanan data Sultra pada hari normal berada diangka 280 tera byte (TB). Untuk mengantisipasi peningkatan trafik tersebut, Tekomsel bakal mendirikan posko siaga RAFI di Kota Baubau yakni di Pantai Kamali, Kantor BO STAR dan Pelabuhan Murhum. Kemudian di Kota Kendari yakni di Kendari Beach dan Mall Lippo Plaza serta Kabupaten Kolaka yakni di Pantai Ria Kolaka.

(Baca Juga : Kepedulian Sosial, Telkomsel Berkontribusi di Pulau Labengki Kecil)

Selain membangun ribuan base transceiver station (BTS) 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 12.780 BTS 4G, mengoperasikan 16 mobile BTS yang tersebar di seluruh Area Pamasuka, serta menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Secara keseluruhan, Telkomsel juga menggelar posko layanan di 142 titik strategis (point of interest) yang akan beroperasi mulai H-14 sampai H+7 lebaran yang meliputi pelabuhan, bandar udara, terminal bus, dermaga, rest area, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, alun-alun, pantai, waterpark, dan mall. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib