Tampilan Desktop



Tutup STQ XXIV, Wagub Sultra: Jangan Jadikan STQ Hanya untuk Mengejar Juara
60 Dibaca

Tutup STQ XXIV, Wagub Sultra: Jangan Jadikan STQ Hanya untuk Mengejar Juara

PENUTUPAN STQ XXIV – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Saleh Lasata saat memberikan sambutan sekaligus menutup rangkaian kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XXIV di Aula Pesantren Ummusabri Kendari, Jumat 17/3/2017) malam. (Ramadhan Hafid/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Saleh Lasata resmi menutup kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV tingkat Provinsi Sultra di Aula Pesantren Ummusabri Kendari, Jumat (17/3/2017) malam.

Wagub mengatakan STQ bukan hanya untuk mengejar predikat juara, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kegiatan STQ dapat mendorong peningkatan seni baca Alquran di seluruh kabupaten/kota se-Sultra.

Menurutnya STQ boleh saja telah selesai, tetapi seni baca Alquran harus tetap berjalan dan tidak boleh berhenti sampai di sini.

“Saya ingatkan kepada seluruh peserta STQ tingkat Provinsi Sultra, pelaksanaan lomba ini tidak semata-mata untuk mencari pemenang, melainkan juga untuk menumbuhkan agar umat muslim selalu¬† membaca, mempelajari, memahami dan mengkaji, bahkan menghafal Alquran,” ungkapnya.

Ia berharap, Kantor Kementerian Agama dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sultra, serta pihak-pihak terkait lainnya agar bersinergi untuk terus berupaya merumuskan langkah-langkah konkrit bagi terlaksananya pembinaan seni baca Alquran secara simultan, terintegrasi, dan berkelanjutan.

Langkah konkrit yang dimaksud menurut Saleh adalah dengan mengalokasikan dana pembinaan seni baca Alquran, baik dari pemerintah daerah maupun dari kementerian agama. Selain itu sistem pembinaannya bertumbuh pada pemberdayaan putra putri daerah yang telah menjadi komitmen pemerintah provinsi, yakni dengan pendirian pondok-pondok baca Alquran di kabupaten/kota se-Sultra.

Menurutnya, penerapan reformasi pembinaan seni baca Alquran ini bukanlah tugas yang mudah, tetapi bukan pula yang mustahil untuk bisa dilakukan. Tapi apabila dengan tekad yang kuat didukung dengan kelancaran program yang terpadu dan berkelanjutan, bukan tidak mungkin dimasa mendatang Sultra akan mampu menjadi salah satu daerah yang maju dalam pembinaan seni baca Alquran di Tanah Air.

(Berita Terkait : Pemkab Kolaka Janji Beri Bonus Anggota Kafilah yang Meraih Medali di STQ XXIV)

Ia juga mengucapkan selamat kepada para juara, serta menghimbau kepada mereka untuk segera mempersiapkan diri dalam keikutsertaan pada STQ nasional yang akan berlangsung pada Juli 2017 di Tarakan, Kalimantan Utara.

Adapun pada kegiatan STQ XXIV tingkat Provinsi Sultra, Kabupaten Kolaka berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan nilai tertinggi, yakni memperoleh skor 35. Sementara juara II diraih oleh Kabupaten Muna dengan perolehan skor 29. Kemudian disusul oleh kafilah Kota Kendari yang berhasil keluar sebagai juara III dengan perolehan skor 14. (B)

 

Reporter: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com