iklan zonasultra

Urai Kemacetan, Pemkab Kolaka Bangun Jalan Penghubung Dua Kelurahan

Pembangunan Sejumlah Ruas Jalan Provinsi Selesai Tahun Ini
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka berencana akan membangun jalan penghubung antara Jalan Kolohipo, Kelurahan Laloeha sampai Jalan Badewi di Kelurahan Balandete, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka, Samsul Kadar mengatakan pembangunan jalan yang menghubungkan Kelurahan Laloeha dan Kelurahan Balandete itu bakal dimulai tahun 2020 ini.

Baca Juga : Pemda Kolaka Launching Alat Perekam Pajak Transaksi Online

iklan zonasultra

Rencananya, pemerintah akan membangun jalan sepanjang kurang lebih 100 meter di wilayah tersebut. Hanya saja, terkait anggaran untuk pembangunan jalan tersebut, belum bisa dipastikan berapa besaran anggaran yang akan diporsikan.

Menurutnya, jalan penghubung di kawasan itu sudah sepatutnya dibangun karena merupakan wilayah padat penduduk. Selain itu, kata dia, pembangunan jalan penghubung tersebut dinilai dapat mengurai kemacetan nantinya.

“Hanya kurang lebih 100 meter, makanya kita tembuskan supaya ada akses. Jadi ada alternatif jalan yang bisa dialihkan arus jalan, bila ada yang semisal terjadi di sekitaran Stadion Konggasa,” ujarnya di Kolaka, Kamis (23/1/2020).

Kata Kadar, dengan dibangunnya jalan penghubung tersebut, maka akan berdampak pada sebagian rumah warga setempat. Namun, tentu saja pemerintah tidak akan menutup mata jika ada rumah warga yang betul-betul terkena dampak.

“Kita tidak main langsung gusur saja, karena mau bangun jalan, tidak begitu. Kita baru patok merah saja,” tambahnya.

Baca Juga : Pemda Kolaka Raih Opini WTP dari Kementerian Keuangan

Sementara itu, Camat Kolaka, Amri menambahkan, sesuai hasil peninjauan di wilayah tersebut, setidaknya ada empat rumah yang akan terkena dampak pembangunan jalan penghubung itu. Kata dia, rencana pembangunan jalan penghubung itu, telah mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat.

Jalan penghubung yang rencananya akan dibangun tahun ini, merupakan salah satu jalan yang sering dilalui oleh masyarakat setempat, khususnya oleh pelajar sekolah. Ia pun berharap, masyarakat setempat dapat terus mendukung rencana pemerintah membangun jalan tersebut. (b)

Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib