iklan zonasultra

USN Kolaka Dapat Tambahan Kuota Bidikmisi

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari
Azhari

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mendapatkan tambahan kuota beasiswa bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi (bidikmisi).

Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan jumlah penerima beasiswa bidikmisi di USN Kolaka bertambah sebanyak 200 orang. Untuk mendapatkan tambahan kuota bagi mahasiswa baru angkatan 2019 itu, ia melakukan upaya penambahan secara bertahap ke kementerian.

Sebelumnya kuota bidikmisi USN Kolaka sebanyak 383 orang. Namun, pihaknya kembali mendapatkan tambahan untuk tahap pertama sebanyak 100 orang, kemudian, 70 orang, dan terakhir kembali mendapatkan tambahan sebanyak 30 orang.

iklan zonasultra

“Ini upaya kita agar bagaimana mahasiswa yang tidak mampu bisa kuliah. Agar mereka tidak memikirkan lagi biaya nantinya,” ujar Azhari ditemui di Kolaka, Selasa (7/1/2020).

(Baca Juga : Ini Tiga Program Studi Baru USN Kolaka)

Kata dia, dengan adanya penambahan kuota tersebut, maka penerima bidikmisi di kampus merah marun itu berjumlah 583 penerima. Jumlah tersebut, setidaknya telah mengakomodir mahasiswa yang belum sempat lulus untuk menjadi penerima bantuan pada penerimaan beasiswa tahun lalu.

Kendati demikian, ia menambahkan bila bantuan beasiswa bukan hanya berasal dari pemerintah pusat, tetapi ada pula bantuan dari PT Antam dan Bank Indonesia. Sehingga, mahasiswa berprestasi bisa memperebutkan peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Tak hanya itu saja, masih ada jenis beasiswa lainnya yang bisa digunakan oleh mahasiswa agar bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Upaya untuk bersinergi dengan baik terus dilakukan, agar penerima beasiswa bisa terus bertambah setiap tahunnya.

(Baca Juga : 2020, USN Kolaka Percaya Diri Hadapi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi)

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan USN Kolaka, Lete menambahkan kuota tambahan penerima bidikmisi tersebut diberikan kepada mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN yang lolos bidikmisi, tetapi tidak lolos verifikasi bidikmisi pada penerimaan 2019 lalu.

Sebab, kata dia, mereka telah memiliki nama dan nomor yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) yang menyatakan bila mahasiswa tersebut berhak mendapatkan bidikmisi dan diverifikasi oleh universitas bila ada kuota. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib