iklan zonasultra

Usungan Golkar di Pilkada Serentak Sultra: Lima Daerah Resmi, Dua Tunggu Hasil Survei

Ini Calon Kada 6 Daerah yang Ditetapkan DPP Golkar, Minus Kota Kendari
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Golangan Karya (Golkar) resmi mengeluarkan rekomendasi kepada bakal calon (balon) kepala daerah (kada) yang bertarung pada daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari tujuh daerah penyelenggara pilkada, Golkar resmi mengeluarkan rekomendasi di lima daerah yakni Muna, Wakatobi, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut), dan Buton Utara (Butur). Di lima daerah, Golkar mengusung empat petahana dan satu mantan petahana.

Iklan Zonasultra

Keempat petahana yang diusung Golkar yakni Rusman Emba di Kabupaten Muna, Ruksamin di Konut, Tony Herbiansyah di Koltim, dan Arhawi di Wakatobi. Sementara untuk di Pilkada Butur, DPP Golkar memutuskan untuk mengusung Ridwan Zakariah. Ridwan Zakaria adalah mantan Bupati Butur periode 2011-2016.

“Sudah resmi, rekomendasi sudah diserahkan. Yang menyerahkan itu Ketua Umum Airlangga Hartarto di kantor DPP Golkar pada hari ini,” kata Pengurus DPP Golkar Bidang Pemenangan Pilkada Wilayah Sulawesi, Sucianti Suaib Saenong via telepon selulernya, Minggu (12/7/2020).

Kata Suci, untuk dua daerah yakni Konkep dan Konsel, Golkar belum memutuskan memberi rekomendasi. Untuk Pilkada Konsel, DPP belum mengeluarkan rekomendasi karena terdapat dua kader Golkar yang akan maju yakni Surunuddin dan Irham Kalenggo. Sehingga, DPP masih akan melakukan survei sebelum mengeluarkan rekomendasi. Sama halnya dengan Pilkada Konsel, DPP masih akan melakukan survei untuk Pilkada Konkep.

“Konsel belum, lagi disurvei. Belum keluar rekomendasi, mungkin Agustus. Kalau Konkep, tadi Ketua Umum mempertanyakan calon yang diusulkan itu bukan kader Golkar. Dan di sana ada kader Golkar yang mau maju. Jadi mau disurvei dulu apakah kader Golkar ini surveinya tinggi atau tidak,” katanya. (A)

Berikut nama balon kada di Pilkada serentak 2020 di Sultra yang diusung Partai Golkar:

1. Muna
– LM Rusman Emba – Bachrun Labuta

2. Wakatobi
– Arhawi – Ratna Lada

3. Kolaka Timur
– Tony Herbiansyah – Baharudin

4. Konawe Utara
– Ruksamin – Abu Haera

6. Buton Utara
– Ridwan Zakariah – Ahali

6. Konawe Selatan
– Surunuddin Dangga – Rasyid
– Irham Kalenggo – Beangga Herianto

7. Konawe Kepulauan
– Amrullah – Andi Muhammad Lutfi

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib