iklan zonasultra

Warga Kendari yang Tak Pakai Masker Bakal Didenda Rp200 Ribu

Wali Kota Kendari Sulkarnain
Sulkarnain Kadir

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Warga Kota Kendari yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah harus siap dikenakan sanksi mulai dari teguran hingga denda uang tunai mulai Rp100 ribu hingga Rp200 ribu.

“Terkait aturan ini, nanti tergantung Pemprov mana yang disetujui. Saat ini masih dibahas,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dihubungi Senin (31/8/2020).

Iklan Zonasultra

Ia mengatakan bahwa penggunaan masker merupakan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 yang efektif. Ia pun mengimbau seluruh warga Kendari untuk menggunakan masker, terutama ketika beraktivitas di luar rumah atau bertemu dengan orang lain.

Menurutnya, sejumlah daerah pun telah menetapkan kebijakan yang mewajibkan warganya untuk mengenakan masker saat berada di ruang publik. Bahkan, beberapa pemerintah daerah menerapkan kebijakan denda bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Selain sanksi denda yang dituangkan dalam rancangan Perwali yang masih direview oleh Gubernur Sultra, berlaku pula sanksi lain seperti sanksi tertulis, administratif dan sanksi kerja seperti membersihkan lingkungan atau kali.

“Saat ini kami masih menunggu kabar dari Pemprov Sultra. Mudah-mudahan sudah selesai review nya dan segera kita tetapkan. Jika sudah ditetapkan, kami butuh waktu sekitar dua minggu untuk sosialisasi sehingga nanti masyarakat bisa punya pegangan dalam menghadapi situasi covid-19 ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, hingga tanggal 30 Agustus total kasus positif corona di Kota Kendari mencapai 597 orang. Sebanyak 298 orang masih dalam perawatan, sembuh 285 orang dan meninggal dunia 12 orang. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib