iklan zonasultra

Warga Konut Perbaiki Jalan Poros yang Rusak Secara Swadaya

Warga Konut Perbaiki Jalan Poros yang Rusak Secara Swadaya
BAKTI SOSIAL - Warga Desa Banggarema dan Anggomate, Kecamatan Andowia saat melakukan bakti sosial di jalan poros pendakian Banggarema yang rusak parah dan sering menimbulkan kecelakaan. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Warga di Desa Banggarema dan Anggomate, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) memperbaiki jalan poros umum yang terletak di area Puncak Banggarema secara swadaya.

Hal ini dilakukan lantaran jalur yang menghubungkan ke wilayah ibukota Wanggudu itu rusak parah dan sering menimbulkan kecelakaan.

Juhardin, salah seorang warga Kecamatan Andowia yang terlibat dalam perbaikan jalan ini mengatakan, jalan tersebut tiap saat terus dilalui para pengendara, sementara kondisinya rusak parah, licin, dan berlubang, sangat berisiko tinggi bagi para pengguna jalan.

iklan zonasultra

Olehnya itu, warga Desa Banggarema dan Anggomate yang berjumlah 15 orang turun langsung melakukan perbaikan demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

“Yang rusak parah ini sekitar 10 meter, ini yang kami kerja dengan cara diplur menggunakan semen, lebarnya 4 meter. Alhamdulillah kalau material ada sumbangan dari masyarakat. Kami harap apa yang kami lakukan ini bisa memberikan manfaat bagi pengguna jalan,” ujarnya di lokasi, Minggu (10/2/2019).

Pantauan Zonasultra, lintasan trans Sulawesi yang juga menghubungkan Provinsi Sulawesi Tengah dan Sultra itu memang sering menimbulkan kecelakaan yang didominasi oleh kendaraan roda dua. Jalan tersebut berada di wilayah tanggung jawab pemerintah provinsi.

Pada 6 Februari lalu, mobil dinas milik Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Konut, Untung Muhayas terbalik saat mendaki akibat jalan berlumpur, licin, dan berlubang. Untung yang mengendarai mobil bersama istrinya mengalami luka-luka.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Konut sebelumnya juga telah melakukan perbaikan. Namun, jalan tersebut kembali rusak yang ditengarai akibat truk puso bermuatan melebihi kapasitas sering melintasi jalur tersebut. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib