iklan zonasultra

Waspada, Hujan Lebat Berpotensi Guyur 4 Kabupaten di Sultra

Awan Cumulonimbus
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan kategori tinggi, Selasa (2/6/2020) di 4 kabupaten.

Kepala Stasiun Klimatologi Konawe Selatan (Konsel) Aris Yunatas menjelaskan, potensi hujan terjadi selama satu pekan ke depan dengan potensi waspada atau 150 mm/ dasarian.

Iklan Zonasultra

Untuk wilayah yang masuk dalam peringatan dini, yakni Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di Kecamatan Tolala, Porehu, Batu Putih, Pakue Utara, Pakue Tengah, Pakue, Watunohu, Ngapa, Tiwu, Katoi, Kodeoha, Lasusua, Lambai, Rante Angin dan Wawo.

Kemudian, Kabupaten Kolaka di Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) di Kecamatan Ueesi dan Kabupaten Konawe Utara (Konut) Kecamatan Wiwirano, Landawe, Oheo, Asera dan Andowia.

Olehnya itu, seluruh masyarakat yang berada di wilayah tersebut diimbau tetap waspada terhadap potensi hujan lebat itu, serta selalu menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah penularan Covid-19.

Tak hanya itu, BMKG juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai terjadi potensi petir dan angin kencang yang bisa memakan korban.

Petir dan angin kencang tersebut biasanya muncul sebelum turun hujan yang dibawa oleh awan cumulonimbus dan menghindari
aktivitas di luar saat akan terjadi hujan sedang atau lebat, menghindari ruang terbuka, baliho dan daerah yang banyak pepohonan besar. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib