iklan zonasultra

Waspada Longsor, Jalan Poros Sampara Konawe Terancam Putus Total

Waspada Longsor, Jalan Poros Sampara Konawe Terancam Putus Total
JALAN RUSAK - Personil Polsek Sampara saat turun mengamankan kendaraan yang melintasi kawasan jalan poros umum sampara, Kabupaten Konawe yang saat ini mengalami keretakan, longsor dan nyaris memutuskan arus lalulintas.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Jalan poros yang menghubungkan kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menuju kota Kendari, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam putus total.

Hal itu, disebabkan badan jalan yang menghubungan tiga kabupaten antara lain, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Kota Kendari itu mengalami retak dan mulai runtuh hingga ke sudut dinding jalan. Akibatnya terjadi kemacetan di jalan ini sepanjang puluhan kilo meter baik kendaraan roda dua dan empat.

Pntauan awak media yang melintasi lajur tersebut, akses transportasi darat satu-satunya itu sebelumnya juga sudah longsor pada bagian sisi kiri jalan jika dari arah Konawe menuju Kendari, dengan membentuk lubang besar kedalaman sekira 10 meter panjang 20 meter.

iklan zonasultra

Baca Juga : Ruas Jalan di Kolut Rusak Parah, Satu Kecamatan Terancam Terisolir

Waspada Longsor, Jalan Poros Sampara Konawe Terancam Putus Total

Tingginya intensitas hujan yang kembali mengguyur wilayah ini mengakibatkan jalan yang sudah longsor sejak akhir 2018 itu mengikis tanah secara perlahan. Di lokasi itu terlihat beberapa personel polisi mengamankan alur lalulintas yang melintas.

“Rumah-rumah warga sudah ada yang rubuh pak karena longsornya semakin besar dan mengenai rumah warga. Ini sekarang sudah retak lagi dan mulai runtuh. Kalau longsor mi lagi ini jalan, putus total mi ini jalan. Baru tidak ada jalan darat lain selain di sini,” kata Amrin, salah satu warga kecamatan Sampara yang dijumpai di lokasi tersebut, Selasa (2/7/2019).

Amrin mengungkapkan, tak hanya meruntuhkan rumah warga saja, kondisi jalan yang tak kunjung mendapat perbaikan itu juga telah banyak menimbulkan kecelakaan, utamanya kendaraan roda empat yang melintas sampai terperosok masuk di lubang longsor.

Baca Juga : Banjir Belum Surut, Jalan Trans Sulawesi di Konawe Masih Sulit Diakses

“Ini longsor sudah lama pak, kalau dibiarkan terus begini rumah warga lainnya juga bisa jadi korban, dengan pengendara yang lewat. Kami harap pemerintah terkait ada perhatianlah jangan nanti sudah ada korban jiwa baru mau bergerak,” tukasnya.

Untuk diketahui, jalan poros Sampara yang saat ini mengalami longsor, masuk dalam wilayah Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe. Jalur itu, merupakan akses penghubung darat satu-satunya yang menghubungkan, Kabupaten Konawe, Konut, dan Kota kendari, serta kabupaten lainnya, seperti Kolaka dan Kolaka Utara. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib