iklan zonasultra

Waspada, Tinggi Gelombang di Perairan Sultra Mencapai 2,5 Meter

Tiga Kecamatan di Konut Ini Berpotensi Diterjang Gelombang Tinggi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam peringatan ini dijelaskan bahwa 30 September 2018 di wilayah perairan Sultra dan sekitarnya pukul 08.00 WITA hingga Pukul 20.00 WITA.

Diprakirakan ketinggian gelombang antara 1.25 – 2.5 meter terjadi di Perairan Kep. Wakatobi, Perairan Manui-Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Perairan Kep. Banggai, dan Perairan Kep. Sula.

iklan zonasultra

Kemudian, hari ini BMKG kembali mengeluarkan peringatan yang sama untuk tanggal 1 Oktober 2018 di wilayah perairan Sultra dan sekitarnya Pukul 08.00 WITA hingga Pukul 20.00 WITA.

Diprakirakan gelombang 1.25 – 2.5 Meter terjadi di Perairan Baubau, Perairan Kep. Wakatobi, Perairan Manui-Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Teluk Tolo, Perairan Kep. Banggai, dan Perairan Kep. Sula.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang pasca bencana gempa dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu, Jumat (28/9/2018).

Ia menegaskan, agar masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu dari pihak tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan momen ini guna menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Info-info misalnya ancaman gempabumi dan tsunami di wilayah Pulau Sulawesi lainnya,” ungkap Rosa kepada awak ZONASULTRA.COM, Minggu (1/10/2018)

Olehnya, masyarakat diharapkan untuk mencari informasi valid dari sumbe terpercaya mulai dari media cetak dan online serta pihak BMKG yang selalu memberikan informasi terupdate.

Kemudian, masyarakat diminta pula untuk membaca literatur perihal gempa bumi dan tsunami. Agar saat dikeluarkannya peringatan dini masyarakat dapat mengetahui langkah awal apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban
Loading...

3 KOMENTAR

  1. Untuk daerah kendari, bagaimana kta yg sementara kerja mengetahui akan peringatan bahaya sunami (jika gempa besar terjadi) misalnya ditempat kami tdk ada tv atau pun media yg bsa memberitahu kami, tolong jawabannya..
    Karna kebetulan tempat kerja sya jauh dri tempat tinggi unt menyelamatkan diri jika terjadi hal yg tdk diinginkan..

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib